4 Latihan Kecepatan agar Tubuh Lebih Gesit

Latihan kecepatan berfungsi mengasah tubuh untuk bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya dalam waktu singkat. Alhasil, jenis latihan ini bisa membuat kamu semakin gesit dan lincah tanpa ada beban. Setiap atlet pasti dilatih untuk bisa lebih gesit. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, ya.

Ada beberapa latihan yang bisa kamu coba supaya tubuh menjadi lebih gesit. Lari sprint dan naik turun tangga misalnya. Nah, selain kedua latihan tersebut, ada pula jenis latihan lain yang bisa kamu coba untuk melatih kecepatan:

1. Lempar Tangkap

Latihan yang satu ini dapat melatih refleks tubuh kamu menjadi lebih baik. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan bola tenis untuk melakukannya. Lakukan gerakan dengan cara berdiri menghadap tembok dengan jarak 2-3 meter. Kemudian lempar bola ke tembok dan tangkap saat bola berbalik ke arahmu. Latihan ini juga bisa kamu lakukan bersama teman supaya lebih asyik.

2. Pliometrik

Kamu pasti cukup asing mendengar latihan pliometrik. Namun, ini sebenarnya latihan yang sering dilakukan para atlet, lo! Pliometrik mengharuskan kamu untuk bergerak aktif dengan cara melompat guna meningkatkan refleks peregangan pada kaki. Kamu bisa memanfaatkan kotak sebagai rintangan, melakukan lompat tali, squatting sambil memegang bola dan lain-lain.

3. Lompat Jongkok

Bukan hanya melatih kecepatan, lompat jongkok juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh kamu. Untuk melakukan lompat jongkok, kamu perlu berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar lalu posisikan tangan di depan dada. Kemudian, tekuk lutut hingga paha sejajar dan angkat tubuh sambil meloncat  lalu mendarat secara perlahan di posisi jongkok.

4. Lunges

Sesuai namanya, latihan lunges memang berfungsi untuk menyehatkan paru-paru. Cara melakukan lunges pun tidak sulit, kamu hanya perlu berdiri tegak dengan kaki yang terbuka selebar bahu. Letakan tangan di pinggang kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dengan lutut tertekuk sampai membentuk sudut 90 derajat. Posisikan kaki kiri di belakang kaki kanan dengan posisi lutut ditekuk hingga menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 3-5 detik.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.