gerakan dasar senam aerobik

7 Gerakan Dasar Senam Aerobik

Senam aerobik adalah olahraga kardio untuk melatih jantung mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif. Karena termasuk kategori olahraga kardio, gerakan dasar senam aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang diulang beberapa kali. Gerakan-gerakan atletik ini mampu membakar kalori hingga 498 kalori per satu jam. Berikut ini gerakan langkah kaki dasar aerobik yang perlu Anda ketahui.

Marching

Gerakan dasar senam aerobik ini dilakukan dengan cara jalan di tempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis dan lutut ditekuk dalam posisi tegak lurus 90 derajat. Setiap akan menurunkan kaki setelah diangkat, mulailah dari bagian ujung jari lalu kemudian yang terakhir adalah tumit. Gerakan marching ini dilakukan dengan low impact.

Jogging

Gerakan jogging dilakukan dengan menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah. Pakai persendian engkel dan lutut sebagai tumpuan peredam gerakan. Dalam gerakan jogging, pastikan kaki benar-benar tertekuk sempurna hingga lutut tegak lurus dengan lantai. Lakukan gerakan jogging dengan high impact.

Kicking

Gerakan dasar senam aerobik kicking dilakukan dengan mengayun tungkai dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih. Gerakan ini dilakukan dengan low impact high intensity karena lumayan menguras energi. Kicking dalam senam aerobik berbeda dengan teknik menendang dalam permainan sepak bola atau olahraga bela diri yang biasanya dilakukan dengan full power.

Skipping

Gerakan dasar senam aerobik skipping adalah gabungan dari gerakan kicking dan jogging. Gerakan ini dilakukan dengan awalan seperti jogging, yaitu menekuk kaki ke arah bokong untuk kemudian menendangkan dan meluruskan kaki tersebut ke depan atau ke samping, tapi tidak lebih tinggi dari pinggang. Teknik gerakan skipping ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan high impact.

Jumping jack

Gerakan jumping jack atau yang biasa disebut juga dengan lompat kangkang adalah teknik gerak yang diawali dengan membuka kaki selebar satu setengah bahu sambil melompat. Kemudian, rapatkan kembali kaki, masih sambil dengan melakukan lompatan. Hal terpenting dari gerakan ini adalah kedua kaki yang mendarat dengan bagian ujung lebih dulu dan berakhir dengan tumit. Gerakan jumping jack dilakukan dengan high impact.

Lunge

Gerakan dasar aerobik, lunge, dilakukan dengan memindahkan kaki ke depan, samping, atau belakang dengan memindahkan sebagian berat badang juga. Ketika memindahkan berat badan, jadikan dua kaki sebagai tumpuan dan bagian tungkai sebagai penerima beban berat tubuh. Saat memindahkan kaki ke arah yang berbeda, mulailah dari bagian kaki depan lalu berakhir di bagian tumit. Gerakan lunge dilakukan dengan low impact maupun high impact.

Knee up

Sesuai dengan namanya, knee up adalah gerakan dasar yang dilakukan dengan cara mengangkat lutut sampai minimal sebatas pinggang, lalu posisi tungkai atas sejajar dengan lantai, sementara tungkai bawah tegak lurus. Saat melakukan gerakan ini, kaki bisa dalam posisi flek atau tertekuk. Namun, bisa juga dilakukan dengan mengencangkan engkel sampai kaki mengarah ke bawah. Gerakan ini dapat dilakukan dengan high impact atau low impact.  

Gerakan dasar senam aerobik untuk langkah kaki ini kemudian akan dikembangkan lagi menjadi gerakan pengembangan. Contohnya seperti V-Step yang dilakukan dengan membentuk gerakan segitiga atau langkah segitiga, ke depan dan ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan. Namun, gerakan-gerakan yang disebutkan di atas adalah gerakan dasar yang menjadi sumber pengembangan gerakan senam aerobik lainnya.

Yuk gabung kelas senam Aerobik di ReFIT, dan praktekan semua gerakan di atas untuk hidup yang lebih sehat dan tubuh yang bugar.

5/5 (2)

Please rate this