Berikut Pengertian Massa Otot yang Jarang Diketahui

Pentingnya Mengetahui Tentang Masa Kerja Otot Berikut Penjelasannya!

Masyarakat awam masih sering mengaitkan olahraga dengan hanya membakar lemak dan kalori yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Padahal, olahraga juga memberikan manfaat lainnya yang tidak kalah penting yaitu menambah massa otot. Namun, tidak sedikit masyarakat yang jarang mengetahui tentang hal ini. Apa itu mengenai massa otot dan seluk beluknya? Berikut di antaranya.

Pengertian Massa Otot

Pengertian massa otot sendiri adalah ukuran otot yang dimiliki oleh tubuh seseorang. Massa ini dapat berukuran kecil atau besar. Otot yang besar pada seseorang adalah otot yang dihasilkan dari latihan atau kegiatan fisik tertentu. Contoh yang paling mudah untuk kita lihat adalah tubuh-tubuh dari para atlet yang rutin berolahraga dengan program tertentu. Mereka pasti memiliki otot tangan, dada maupun kaki yang lebih besar dibandingkan massa otot kita.

Sementara otot yang kecil adalah otot yang jarang digunakan untuk melakukan aktivitas. Misalnya, orang sakit dan lama terbaring di rumah sakit, mereka akan memiliki ukuran otot kaki yang lebih kecil dibandingkan orang lainnya. Hal ini dikarenakan kaki tersebut tidak digerakkan dan tidak digunakan untuk berjalan.

Protein Pembentuk Massa Otot

Selain itu, massa otot juga dapat dipahami sebagai serat pada otot yang terbentuk dari protein yang kita makan. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan massa otot, maka Anda harus menambah asupan protein melalui makanan yang Anda makan. Sebaliknya, jika ingin mengurangi massa otot, maka Anda juga harus mengurangi asupan makanan berprotein tinggi atau bahkan melakukan diet protein. Demi menjaga massa otot Anda sesuai dengan yang diinginkan, pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan protein dengan jumlah yang tepat dan sesuai.

Jenis Latihan dan Olahraga Tentukan Massa Otot

Tidak hanya makanan, jenis latihan tertentu juga akan berpengaruh pada massa otot Anda. Misalnya, dengan latihan atau olahraga bebas (free weight) yang merupakan jenis latihan tanpa menggunakan alat bantu tertentu melainkan mengandalkan berat pada tubuh Anda sendiri, akan memberikan hasil massa otot lebih besar dibandingkan dengan melakukan olahraga dengan peralatan khusus seperti yang ada di pusat kebugaran (fitness).

Akibatnya, Anda harus mengetahui jenis latihan dan olahraga apa yang perlu Anda lakukan untuk membentuk otot tertentu. Jika Anda ingin mendapatkan bentuk yang bagus pada lengan Anda, maka Anda dapat melakukan latihan dengan menggunakan barbel. Namun, jika Anda ingin membentuk otot kaki atau membakar lemak di paha, Anda bisa melakukan olahraga lari atau angkat beban dengan menggunakan kaki.

Porsi Latihan dan Olahraga Juga Pengaruhi Massa Otot

Jumlah dan intensitas dari latihan dan olahraga yang dilakukan pun menentukan massa otot pada tubuh Anda. Semakin sering Anda berlatih dan berolahraga, maka semakin kecil massa otot yang akan dihasilkan pada tubuh. Namun jika Anda ingin menambah massa otot tubuh, sebaiknya Anda berolahraga dengan pengulangan yang lebih sedikit untuk setiap setnya. Namun, Anda perlu melakukannya dengan menggunakan beban yang lebih berat.

Suplemen Dapat Menambah Massa Otot

Tidak lupa, jika Anda ingin menambah massa otot, Anda juga perlu mengkonsumsi suplemen penambah tenaga sebelum berolahraga. Anda pun penting untuk mengetahui cara menghitung jumlah kalori pada makanan demi membantu menjalankan program kontrol makanan yang Anda jalankan secara sehat dan tertata.

Itulah penjelasan mengenai pengertian apa itu massa otot dan apa saja yang dapat mempengaruhinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.