alat fitness dan fungsinya

Berikut Alat Alat Fitness Beserta Fungsinya , Pemula Wajib Tau !

Bagi Anda yang baru memasuki dunia fitness, ada peraasaan gugup dan canggung dikarnakan masih awam/belum mengetahui alat apa saja yang harus digunakan untuk latihan dan fungsinya tubuh kita.  Dengan mengetahui alat fitness dan fungsinya ini, diharapkan akan semakin membuat Anda lebih percaya diri dan juga pembekalan awal sehingga latihan fitness Anda lebih maksimal lagi nantinya. Dipostingan kali ini ReFIT Indonesia akan membagikan fungsi dan nama alat fitness.

1. Treadmill


Jika melihat alat yang 1 ini yaitu treadmill mungkin sudah terbayang  untuk kegunaan alat ini yaitu untuk olah raga lari. alat ini juga bisa membantu membakar lemak dalam tubuh dan untuk latihan cardio. Dengan alat treadmill, kita bisa mengatur latihan sesuai dengan kebutuhan. misalnya jalan santai, jalan cepat, jogging, dan lari menanjak. kita bisa mengatur tingkat kesulitan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

2. Leg Press Machine


Alat fitness leg press machine digunakan untuk latihan leg press dan berfungsi untuk membentuk otot paha dan otot betismu. Kamu bisa menambahkan tingkat kesulitan latihan leg press dengan mengatur beban sesuai dengan kemampuanmu.

3. Lat Pulldown Machine


Alat fitness lat pulldown machine berfungsi untuk membentuk otot-otot punggung dimana otot-otot ulama yang bekerja adalah otot latissimus dorsi, otot teres major, dan otot posterior deltoid.  Otot yang dibentuk menggunakan alat lat pulldown machine diantaranya adalah Otot trapezius, Otot Rhomboids, Otot Teres Major, Otot Erector Spinae.

4. Chest Press Machine


Chest Press adalah alat untuk melatih otot pectoralis atau dada bagian tengah. Fokus latihannya seperti menggunakan alat fitness bench press namun dengan arah dorong ke depan. Keunggulannya adalah bentuk pegangan nya memungkinkan gaya dorong secara vertical atau horizontal yang memberikan efek tekanan yang berbeda pada otot dada.

5. Pectoral Machine


Jenis alat fitness ini dirancang untuk mengisolasi dan mempekerjakan bagian dada. Untuk benar-benar melakukan latihan ini, duduk menghadap kebelakang dengan menekuk siku 90° pada level pertengahan dada. Dorong gagang hingga berada di depan wajah Anda. Tarik napas saat membuka lengan dan keluarkan napas ketika menariknya lagi. Otot yang dibangun adalah otot dada (pectoralis major) dan bahu (deltoids).

Nah itu dia aneka macam alat fitness di gym, beserta fungsinya yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa share artikel ini pada teman Anda yang masih bingung seputar alat fitness. Semoga bermanfaat dan salam FIT!

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.