Mencegahan Diabetes di Usia Muda dengan Pola Hidup Sehata

Diabetes bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk di usia muda. Penyakit ini terjadi karena meningkatnya kadar gula darah hingga berada jauh di atas angka normal. Meski umum terjadi di Indonesia, penyakit ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, penyakit ini bisa membuat pengidapnya mengalami sejumlah gejala, termasuk penurunan penglihatan dan sulit sembuh dari luka.

Diabetes juga sering dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan serius, seperti kebutaan, gagal ginjal sampai serangan jantung. Maka dari itu, tindakan pencegahan sebaiknya segera dilakukan sejak usia muda. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, serta menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

Nyatanya, upaya pencegahan diabetes bisa dilakukan sejak usia muda dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan risiko penyakit ini, antara lain:

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengubah pola makan merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan di usia muda bila tidak ingin mengalami diabetes. Bila selama ini kamu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mengandung kadar gula tinggi, dan serba diproses (seperti makanan siap saji atau makanan dalam kalengan, gantilah dengan makanan yang lebih sehat).

Pilih makanan yang rendah lemak dan kalori, serta tinggi serat. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, dapatkan asupan protein yang baik dari makanan, seperti telur, tahu, tempe, dan daging tanpa lemak. Untuk asupan karbohidrat, kamu bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat lain yang lebih sehat, contohnya nasi merah, jagung, atau ubi jalar.

2. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Bila kamu memiliki berat badan berlebih atau obesitas, menghilangkan 7 persen dari berat badan kamu dapat membantu mencegah diabetes. Untuk menjaga berat badan tetap ideal, fokuslah pada perubahan kebiasaan makan dan olahraga secara permanen. Motivasi diri kamu sendiri dengan mengingat manfaat menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, energi lebih kuat, dan kepercayaan diri meningkat.

3. Banyak Bergerak

Mumpung usia masih muda, kamu juga dianjurkan untuk banyak bergerak agar terhindar dari diabetes. Sebaiknya jangan terlalu lama duduk menonton televisi, bermain gadget, atau bermain komputer. Kebiasaan bermalas-malasan tersebut dapat menyebabkan berat badan berlebih yang berujung pada meningkatnya risiko diabetes.

Jadi, luangkanlah waktu untuk bergerak atau berolahraga secara rutin. Dengan sering menggunakan otot untuk bergerak, kamu dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap insulin dan glukosa.

4. Cukup Tidur

Tahukah kamu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2, lho. Hal ini karena kurang tidur kemungkinan akan memberikan respon stres pada tubuh, sehingga terjadi pelepasan hormon stres yaitu kortisol dan norepinephrine yang berkaitan dengan resistensi insulin. Jadi, meskipun di usia muda, kamu masih memiliki energi dan semangat yang tinggi untuk menjalani segudang aktivitas, tetapi sebaiknya kurangilah begadang dan pastikan kebutuhan istirahat kamu terpenuhi dengan baik.

5. Hindari Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stres dapat memicu tubuh menghasilkan hormon stres yang berkaitan dengan resistensi insulin. Jadi, sangat penting bagi kamu yang masih muda untuk mengelola stres dengan baik. Istirahat yang cukup, melakukan hal-hal yang kamu senangi, serta sering bersosialisasi dengan teman dan keluarga merupakan cara-cara yang bisa membantu kamu menghilangkan stres.

6. Batasi Minuman Beralkohol dan Merokok

Di usia muda, kamu juga perlu membatasi minuman beralkohol dan merokok demi mencegah diabetes. Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memproduksi insulin, sehingga akhirnya meningkatkan risiko kamu terkena diabetes.

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.