Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui

Latihan kekuatan memiliki banyak manfaat, terutama untuk otot tubuh. Jenis olahraga ini umumnya dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, secara umum ada sederet manfaat lain yang bisa didapat dari latihan kekuatan. Apa saja?

Meski menjanjikan manfaat untuk kekuatan, tetapi penting untuk terlebih dahulu mengetahui jenis dan teknik latihan ini. Dengan begitu, kamu bisa menemukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh sehingga manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal. Latihan ini bisa dilakukan di pusat kebugaran alias gym maupun di rumah dengan peralatan sederhana.

Sederet Manfaat Latihan Kekuatan 

Ada banyak jenis latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan, mulai dari push-up, sit-up, hingga plank. Namun perlu diingat, latihan ini harus diawali dengan pemanasan berupa jalan cepat atau stretching selama setidaknya 10 menit. Selain meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, ada sederet manfaat yang bisa didapat dari jenis olahraga ini, antara lain:

1. Memperlancar Peredaran Darah 

Rutin melakukan latihan otot disebut bisa membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, olahraga ini juga bisa meningkatkan metabolisme serta fungsi organ tubuh.

2 Meningkatkan Kepadatan Tulang 

Latihan ini bisa membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, olahraga ini juga bisa membantu menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Latihan kekuatan juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh.

3. Menurunkan Risiko Penyakit 

jenis olahraga ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, obesitas, dan sakit pinggang.

4. Kualitas Tidur Lebih Baik 

mengalami masalah tidur di malam hari alias insomnia? Coba lakukan latihan kekuatan otot. Pasalnya, jenis olahraga ini disebut bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia. Meski begitu, hindari berlebihan dalam melakukan latihan kekuatan otot.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Manfaat olahraga juga terkait dengan penampilan dan bentuk tubuh. Hal ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri karena berat badan ideal terjaga. Selain itu, berolahraga kekuatan juga disebut bisa membantu memperbaiki suasana hati alias mood. 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.