5 Tips Olahraga Saat Puasa yang Aman Agar Tubuh Tetap Sehat

Saat berpuasa, kita harus bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, salah satunya dengan berolahraga. Banyak orang menganggap bahwa berolahraga saat sedang berpuasa dapat menguras energi dan akan membuat tubuh menjadi lemas sehingga akhirnya mereka tidak olahraga saat puasa.

Padahal, olahraga saat puasa itu sangat tidak masalah lho. Malah menurut riset, berolahraga saat puasa bisa membantu menurunkan berat badan. Soalnya, olahraga saat puasa meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh untuk energi alih-alih membakar karbohidrat dari makanan terakhir yang kamu makan.

Selain itu dengan berolahraga kamu juga bisa menjaga stamina tubuhmu sehingga kamu tetap bisa beraktivitas dengan semangat. Berikut beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa kamu terapkan agar tubuh tetap fit.

Jangan Sampai Lupa Sahur

Karena selama puasa kamu tidak makan dari pagi sampai sore, maka penting sekali untuk makan makanan yang berimbang saat sahur. Pilih makan makanan yang mengandung karbohidrat seperti oatmeal atau snack gandum dan makanan berserat seperti biji-bijian, sereal, atau kentang.

Penuhi juga kebutuhan proteinmu dengan makan produk olahan susu seperti keju atau yogurt. Dengan demikian, asupan nutrisimu tetap terpenuhi dan tubuh jadi berenergi selama beraktivitas, termasuk untuk olahraga saat puasa.

Lakukan Olahraga yang Ringan

Olahraga saat puasa memang penting agar tubuh tetap bugar, tetapi jangan memaksakan diri melakukan olahraga yang terlampau berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, atau yoga.

Bisa juga dengan memilih olahraga yang kamu suka seperti berdansa. Jadi kamu tidak perlu memaksa-maksa diri kamu untuk olahraga saat puasa. Berolahraga setiap hari selama 15-30 menit sudah cukup kok.

Pilih Waktu yang Tepat

Tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah untuk memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu bisa berolahraga setelah sahur, sebelum berbuka atau setelahnya. Berolahraga setelah sahur merupakan waktu yang tepat karena tubuh kamu telah terisi dengan energi dari makanan yang kamu makan. Namun, jangan terlalu diforsir. Sisakan juga tenaga untuk beraktivitas hingga sore.

Jika kamu memilih berolahraga setelah berbuka, ingat untuk memberi jeda dulu antara saat kamu selesai makan dan mulai berolahraga sehingga makananmu sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Salah satu keuntungan berolahraga setelah berbuka kamu bisa lebih bebas memilih jenis olahraga yang kamu lakukan karena kebutuhan energi sudah kembali terpenuhi.

Olahraga sebelum berbuka bisa menjadi salah satu cara untuk menunggu jam buka. Daripada lirik-lirik jam terus, lebih baik berolahraga. Setelah olahraga, kamu bisa langsung makan deh. Tapi ingat untuk tidak berolahraga terlalu berlebihan ya.

“Dengarkan” Tubuhmu

Ini salah satu tips olahraga saat puasa yang perlu kamu ingat. Jangan memaksakan diri, apalagi saat di awal puasa. Biasakan diri dengan rutinitas puasa, baru kemudian mulai berolahraga. Jika kamu sudah mulai merasa pusing, lemas, atau mual, kemungkinan kamu sedang mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Minum Air Putih yang Cukup

Tips olahraga saat puasa yang terakhir dan paling penting, minum air putih secukupnya agar kebutuhan cairan terpenuhi. Sangat mudah untuk mengalami dehidrasi saat puasa, apalagi ditambah dengan aktivitas fisik. Minum setidaknya 8-12 gelas di antara Iftar dan sahur.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.