Hati-Hati, Lakukanlah 4 Cara ini Jika Mengalami Nyeri Otot Perut!

Hati-Hati, Lakukan 4 Cara ini Jika Mengalami Nyeri Otot Perut!

Mengalami rasa sakit setelah melakukan olahraga merupakan hal yang lumrah, terutama jika kamu baru melakukan aktivitas fisik. Biasanya, sebagian orang mengalami rasa sakit akibat nyeri otot atau otot perut sakit. Bahkan nyeri tersebut juga bisa menyerang otot perut kamu, lho. Hal itu bisa terjadi, karena latihan yang tidak spesifik, seperti lari maraton, sesi squat yang berat atau bermain handball yang terlalu intens. 

Nyeri pada otot perut, biasanya sangat menganggu aktivitas keseharian, tapi kamu tidak perlu khawatir lagi, ada solusi untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot, khususnya otot perut. Penasaran apa saja? Yuk intip solusi berikut untuk menghilangkan rasa nyeri pada otot perut!

Gunakan Garam Epsom

Garam merupakan salah satu pelumas otot yang alami bisa menurunkan rasa sakit otot pada perut kamu. Cukup tuangkan lima sendok besar ke dalam air hangat dan diamkan selama 12 menit atau lebih, lalu rendam washlap dalam larutan air hangat yang diisi dengan garam  tersebut dan oleskan langsung perut secara perlahan.

Meminum Obat

Obat merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan rasa sakit pada otot perut. Biasanya obat penghilang rasa sakit dijual bebas di pasaran, namun alangkah baiknya kamu berkonsulitasi terlebih dahulu dengan dokter, karena pemberian dosis pada setiap orang berbeda-beda. 

Merengangkan Abs 

Meregangkan otot yang sakit setelah latihan dapat meningkatkan aliran darah untuk memulai proses penyembuhan. Perlu diperhatikan, jika peregangan menyebabkan rasa sakit yang kuat, segera langsung dihentikan.

Nah, berikut ini ada beberapa peregangan yang bisa kamu lakukan untuk merengangkan otot.

Langkah 1 

Berbaringlah di atas matras atau handuk

Langkah 2 

Setelah berbaring, cobalah untuk menyelipkan tangan kamu di bawah lipatan ketiak. Lalu letakkan telapak tangan rata di atas matras dengan siku mengarah ke langit. Rentangkan kaki di belakang dengan kuku jari ke bawah.

Langkah 3

Kemudian coba perlahan rentangkan siku kamu untuk mengangkat kepala, leher, dan bahu dari bagian depan matras. Lakukan hal tersebut sampai kamu merasakan bagian depan perut merengang dengan nyaman

Langkah 4 

Tahan selama tiga atau empat napas dan lepaskan dengan cara perlahan. Kamu bisa mengulanginya dalam beberapa kali (semampunya)

Standing Side Bends

Langkah 1

Mulai berdiri tegak dengan kaki terpisah sejauh pinggul dan luruskan lengan kamu ke atas.

Langkah 2

Lalu tekan kedua telapak tangan kamu bersama-sama dan condongkan tubuh ke kanan, rooting kuat dengan kaki kiri kamu. Jatuhkan seluruh sisi kiri, termasuk perut dan regangkan dalam beberapa saat dan mulai untuk menahan napas.

Langkah 3

Kembali ke tengah dan ulangi di sisi lain, lakukan pengulangan sebanyak yang kamu mampu.