cara mengatasi doms

5 Cara Mengatasi DOMS yang Mesti Diketahui

DOMS, yang merupakan singkatan dari delayed onset muscle soreness, adalah kondisi nyeri otot yang biasanya terjadi setelah olahraga. Saat tubuh mengalami DOMS, terjadi sobekan kecil pada serat-serat otot. Akibarnya, otot biasanya akan terasa kaku. Tenang saja, ini bukanlah hal yang permanen dan justru merupakan bentuk adaptasi otot terhadap latihan yang dilakukan, khususnya jika Anda memulai program olahraga baru.

Seiring berjalannya waktu, serat-serat otot akan kembali pulih hingga akhirnya membentuk jaringan baru yang lebih besar dan kuat. Namun, Anda tetap disarankan melakukan sesuatu untuk mengatasi DOMS agar nyeri otot lebih cepat hilang. Berikut beberapa cara mengatasi DOMS yang penting Anda ketahui.

Segera kompres dingin

Kompres dingin menjadi salah satu cara mengatasi DOMS yang cukup ampuh. Cukup bungkus beberapa bongkah es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada area yang terasa nyeri otot. Selain es batu, Anda juga bisa menggunakan kain bersih yang sudah direndam di dalam air dingin.

Dengan mendinginkan area yang terkena DOMS, otot Anda akan mengeluarkan cairan untuk meminimalisir rasa nyeri. Apabila perlu, terapkan pula teknik memijat acupressure untuk meredakan rasa nyeri dan kaku pada otot akibat olahraga.

Konsumsi makanan tertentu untuk perbaiki jaringan otot

Cara mengatasi DOMS tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga sebaiknya diimbangi dari dalam pula. Kabar baiknya, ada sejumlah makanan yang bisa mendukung proses penyembuhan nyeri otot atau DOMS. Jika mengalami DOMS, sebaiknya hindari makanan dengan kandungan tinggi garam dan kolesterol.

Gantilah dengan ikan salmon atau tuna yang tidak hanya kaya protein dan omega-3, tapi juga berperan baik dalam penyembuhan inflamasi. Di samping itu, Anda pun memerlukan antioksidan dari buah-buahan seperti blueberry, raspberry, stroberi, nanas, dan apel untuk memulihkan otot yang terasa nyeri.

Minum obat anti inflamasi

Nyeri otot tidak kunjung sembuh? Anda bisa coba meminum obat anti inflamasi sebagai cara mengatasi DOMS. Aspirin dan ibuprofen merupakan contoh obat anti inflamasi yang bisa Anda konsumsi. Dengan meminum obat ini, kondisi inflamasi pada otot akan lebih cepat pulih dan rasa nyeri juga lebih cepat reda. Akan lebih baik jika Anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat tersebut cocok untuk Anda.

Pemulihan aktif dengan latihan tertentu

Cara mengatasi DOMS juga bisa dilakukan dengan pemulihan aktif. Maksudnya, Anda tidak hanya beristirahat dan berdiam diri di rumah, tetapi juga menggerakkan tubuh dengan berjalan kaki. Bisa juga melakukan latihan ringan yang melibatkan gerakan konsisten, seperti bersepeda, power yoga, atau angkat beban ringan.

Dengan melakukan gerakan olahraga pada otot yang nyeri secara berulang, diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan DOMS. Namun, jika rasa nyeri atau sakit justru semakin terasa, sebaiknya segera hentikan latihan.

Imbangi dengan minum air mineral

Last but definitely not least, Anda juga disarankan untuk banyak minum air mineral. Tubuh yang mengalami dehidrasi atau kekurangan air bisa memperlambat proses pemulihan jaringan otot. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh. Bagi yang mengalami nyeri otot, pastikan Anda minum air mineral setidaknya sekitar 2,5 liter dalam sehari.

 

Nyeri otot setelah berolahraga disebut juga dengan DOMS. Anda bisa mencoba melakukan kelima cara mengatasi DOMS di atas untuk menghilangkan nyeri. Namun, jika nyeri otot tak kunjung sembuh, segera datangi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.