7 Tips Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga

7 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga

Setelah berolahraga tidak jarang kita merasakan sakit, nyeri atau pegal pada tubuh. Rasa sakit merupakan dampak dari latihan yang sedang dijalankan. Ini juga bentuk adaptasi tubuh terhadap gerakan-gerakan yang baru atau jarang kamu lakukan sebab sel-sel otot mengalami kerusakan. Jika kamu rasa sakit ini datang setelah sesi olahraga kamu bisa melakukan beberapa hal untuk menghilangkan rasa sakit setelah berolahraga dengan beberapa langkah mudah sebagai berikut yaitu.

Perenggangan

Perenggangan (stretching) adalah hal yang semestinya dilakukan untuk mengembalikan bentuk seperti semula setelah digunakan berolahraga. Perenggangan minimal dilakukan 10 – 15 menit jika kamu berolahraga dengan durasi 90 menit. Peregangan juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke asalnya sehingga membuat tubuh mendapatkan manfaat maksimal setelah berolahraga.

Banyak Minum Air Putih

Berolahraga membuat tubuh berkeringat dan mengeluarkan banyak cairan. Berolahraga juga dapat membuat kamu dehidrasi. Akibatnya, tubuh bisa merasa kelelahan berlebihan bahkan sampai merasakan sakit kepala dan sulit tidur. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus banyak minum air putih untuk mengganti air tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga menjadi salah satu cara menghilangkan rasa sakit setelah berolahraga. Setelah berolahraga, otot menjadi tegang. Namun, otot yang menegang ini memberikan arti baik bahwa ia akan berkembang dan bertumbuh semakin kuat. Untuk kembali melemaskan otot yang tegang ini kamu bisa merelaksasinya dengan mandi dengan air hangat. Mandi air hangat juga bisa menstimulasi otot menjadi lebih kuat dengan cara membuatnya tetap relaks.

Tidur Cukup

Hidup sehat tidak hanya tentang berolahraga, pola istirahat yang cukup juga menentukan kondisi kesehatan kamu. Dengan melakukan olahraga sendiri, kamu membakar lebih banyak yang juga membuatmu butuh lebih banyak waktu untuk mengembalikannya. Tidur adalah salah satu caranya.  Tidur 7-8 jam dalam sehari adalah durasi yang disarankan untuk mengembalikan kondisi tubuh yang bugar. Mengatur posisi badan saat tidur juga menjadi solusi untuk menghilangkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu setelah berolahraga. Seperti dengan memposisikan bantal di kaki atau lengan maupun dengan menyampikan badan ke sebelah kiri untuk menyamankan organ-organ dalam tubuh.

Mengolesi Tubuh dengan Minyak Zaitun

Di samping itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun pada tubuh yang sakit sambil dipijat untuk membuatnya rileks. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur agar manfaatnya lebih terasa. Saat memijat, kamu bisa lakukan dengan arah dari atas ke bawah dengan penekanan yang pas pada titik-titik tertentu. Untuk mendapatkan sensasi hangat, kamu juga bisa menambahkan minyak kayu putih dan mengkombinasikannya. Setelah itu, kamu bisa menutup tubuh dengan selimut dan tidur dengan lelap.

Mengkonsumsi Obat Anti Inflamasi

Jika cara-cara di atas belum cukup untuk menghilangkan sakit pada otot setelah berolahraga, kamu juga bisa mengonsumsi obat anti inflamasi untuk mempercepat pemulihan pada otot. Cara ini juga dapat meredakan nyeri dalam beberapa waktu. Obat anti inflamasi yang dapat kamu konsumsi seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat kamu temukan di apotek.

Kontrol Asupan Makanan

Untuk memperbaiki otot yang rusak dan menjadi penyebab rasa sakit muncul setelah berolahraga, kamu juga membantunya dengan melakukan kontrol makanan yang kamu konsumsi. Sepantasnya kamu menghindari makanan dengan kadar kolesterol dan garam yang tinggi. Sebaliknya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah kolestrol dan garam serta memiliki fungsi anti inflamasi seperti minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Berikut adalah tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh setelah lelah berolahraga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya. Semoga lekas sembuh dan kembali bugar!