apa itu DOMS

Apa itu DOMS dan Bagaimana Cara Menyembuhkannya

Setelah sesi olahraga yang cukup melelahkan, wajar bagi tubuh merasakan sakit di beberapa bagian. Ini merupakan efek pasca melakukan kegiatan yang cukup berat. Namun, jika rasa sakit yang Anda rasakan baru muncul setelah 24-48 jam pasca latihan fisik atau sesi gym, bisa jadi yang Anda alami adalah DOMS. Apa itu DOMS? Bagaimana cara tepat untuk menyembuhkannya?

Apa itu DOMS?

DOMS adalah singkatan dari Delayed Onset Muscle Soreness atau yang diartikan sebagai nyeri otot onset yang tertunda. Bedanya dengan kram pasca olahraga adalah, DOMS baru akan terasa setelah 24-48 jam pasca olahraga yang Anda lakukan. DOMS muncul setelah latihan fisik intensitas tinggi yang tidak biasa Anda lakukan. Gejalanya adalah kaku pada tubuh dan rasa sakit yang timbul di beberapa bagian.

Mengapa DOMS bisa terjadi?

Setelah Anda mengetahui apa itu DOMS, hal berikutnya yang harus Anda tahu adalah mengapa kondisi ini bisa terjadi. For your information, DOMS adalah kondisi yang umum dan wajar terjadi. Para atlet sepak bola pun bahkan sering mengalaminya. Jika Anda menonton pertandingan sepak bola dan melihat ada atlet yang tiba-tiba merasa kesakitan, itu adalah contoh dari DOMS. Bisa jadi hal tersebut muncul sebagai akibat dari intensitas latihan tinggi di beberapa hari sebelumnya.

Lalu, apakah ini suatu pertanda buruk? Menariknya, DOMS bukan tanda atau efek buruk dari latihan yang Anda lakukan. Ini adalah suatu reaksi yang terjadi ketika Anda meningkatkan intensitas latihan atau mencoba latihan yang lebih keras dari biasanya. Setelah DOMS teratasi, otot tubuh akan makin kuat dan latihan yang dilakukan akan menunjukkan hasil. Mengalami DOMS setelah sesi gym juga jadi tanda bahwa latihan yang Anda lakukan sudah benar.

Mengapa DOMS muncul 24 – 48 jam pasca latihan?

Penting untuk Anda ketahui, DOMS tidak ada hubungannya dengan asam laktat yang sering disebut sebagai penyebab kram sesaat setelah latihan. Apa itu DOMS adalah gejala nyeri dan kekakuan yang muncul setelah 24 jam pasca latihan dan akan meningkat setelah 48 jam. Sebenarnya, ini ada hubungannya dengan peradangan dan aliran darah yang melakukan penyembuhan.

Begini, ketika Anda melakukan sesi olahraga yang lebih keras dan intens daripada sebelumnya, beberapa otot tubuh akan mengalami peradangan. Lalu, beberapa jam kemudian, aliran darah akan menuju pusat peradangan ini untuk melakukan penyembuhan. Proses ini biasanya berlangsung setelah 24 jam dari waktu olahraga. Nyeri yang Anda rasakan adalah efek dari aliran darah yang menyembuhkan peradangan. Wajar jika baru akan terasa 24 – 48 setelahnya.

Bagaimana cara menyembuhkannya?

Solusi paling cepat, mudah, dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi DOMS adalah garam epsom. Ini adalah jenis garam yang sangat kaya akan magnesium sehingga membantu memperlebar pembuluh darah untuk mempercepat pemulihan dan meredam rasa sakit yang muncul di otot. Campurkan satu gelas air hangat dengan garam epsom, lalu balurkan ke bagian otot tubuh yang terasa nyeri. Anda juga bisa mandi pakai air yang sudah dicampur dengan garam epsom.

Solusi lainnya adalah dengan terapi air kontras. Ini adalah terapi di mana Anda bergantian mandi dengan menggunakan air panas dan air dingin. Ambil 20 menit untuk mandi air dingin, lalu bergantian 20 menit berikutnya dengan air hangat.

Cara lain untuk mengatasi DOMS adalah dengan makan makanan yang baik untuk pemulihannya. Misalnya konsumsi bayam, ubi jalar, dan paprika merah. Lalu, sebagai langkah pencegahan DOMS, Anda bisa pakai kaus kaki kompresi sampai dengan lutut. Semoga informasi mengenai apa itu DOMS dan cara penyembuhannya bisa menambah informasi Anda.

No ratings yet.

Please rate this