Cara Memilih Pusat Kebugaran yang Tepat

Banyaknya tempat pusat kebugaran membuat beberapa orang kebingungan untuk menjatuhkan pilihannya. Padahal, biaya yang dikeluarkan relatif tidak sedikit, lho. Oleh sebab itu, kamu perlu cermat memilihnya agar uang yang keluar tidak terbuang sia-sia, dan kegiatan olahraga tetap berjalan nyaman dan efektif. Lalu, bagaimana sih cara memilih pusat kebugaran yang tepat? Simak ulasannya di sini.

Tidak ada pusat kebugaran (fitness center) yang benar-benar ideal bagi semua orang. Pasalnya, tiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Misalnya, fitness center yang cocok untuk si A, belum tentu pas buat si B. Nah, agar kamu tidak bingung menentukannya, begini beberapa cara memilih pusat kebugaran:

1. Tentukan Tujuannya

Memilih pusat kebugaran harus berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Ahli rehabilitasi fisik dan medis dari Mayo Clinic Sport Medicine Center, AS, selalu meminta calon konsumen untuk merumuskan betul tujuan bergabung ke fitness center. Apakah untuk membentuk badan atau untuk  menjaga kebugaran tubuh?

Nah, dari jawaban pertanyaan tersebut, calon konsumen bisa mendapatkan gambaran tentang fasilitas yang dibutuhkan. Contohnya, kalau sekadar ingin latihan angkat beban, pusat kebugaran dengan fasilitas kolam renang tentu tidak diperlukan.

2. Kunjungi Tempatnya

Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya cobalah mengunjungi beberapa pusat kebugaran yang masuk ke daftar pilihan kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat secara langsung peralatan, fasilitas, dan cobalah bertanya langsung pada staf di sana. Nah, setelah itu cobalah pertimbangkan beberapa aspek berikut.

  • Lokasi. Perhatikan jarak pusat kebugaran dari rumah atau kantormu. Hal ini penting untuk menghemat waktu dan ongkos perjalanan.
  • Atmosfer. Silakan nilai pusat kebugaran berdasarkan kenyamanan kamu. Ketika masuk ke tempat tersebut, apa kesan pertamamu? Apakah kamu menyukai suasana di pusat kebugaran tersebut. Ada beberapa orang yang suka tempat dengan musik yang kencang, sehingga suasana lebih hidup. Namun, ada juga sebagian orang yang lebih suka tempat yang bersih dan nyaman untuk berolahraga.
  • Fasilitas dan lingkungan. Pastikan pusat kebugaran tersebut memiliki peralatan yang lengkap yang bisa menunjangmu mencapai tujuan berolahraga. Selain itu, perhatikan pula kebersihan dan keamanannya. Coba tanyakan pula fasilitas tambahan. Misalnya, la tempat parkir, shower, hingga ruang steam atau sauna.
  • Kelas. Biasanya beberapa fitness center menawarkan beberapa kelas bagi konsumennya. Teliti dan cermatilah program-program dan jumlah pesertanya. Hal ini penting karena kamu bisa merasa bosan bila pusat kebugaran  tidak memiliki cukup banyak variasi dalam program latihan.
  • Staf. Cari tahu kualitas para staf dan pelatih kebugaran. Tanyakan apakah pelatih kebugaran di tempat tersebut memiliki sertifikat training. Pastikan juga para staf di sana ramah dan membantu.
  • Reputasi. Kamu bisa bertanya pada teman atau kerabat mengenai reputasi pusat kebugaran tersebut. Nah, referensi seperti ini biasanya sangat membantu.
  • Biaya. Yang satu ini juga perlu dipertimbangkan secara saksama. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan pelayanan yang didapatkan? Yang terpenting, apakah sesuai dengan tujuanmu?
  • Jam operasional. Dengan segudang kesibukan yang kamu miliki (sekolah atau pekerjaan, keluarga dan waktu istirahat), kamu mungkin tidak memiliki banyak waktu luang atau waktu yang fleksibel. Karena itu, penting untuk mengetahui apakah pusat kebugaran tersebut memiliki jam operasional yang panjang. Tanyakan juga apakah ada fasilitas atau bagian gym yang tutup selama waktu-waktu tertentu.

3. Coba Dulu

Setelah mempertimbangkan beberapa aspek di atas dan menentukan pilihan, sebaiknya jangan langsung mendaftar. Kamu perlu mencobanya. Ada kok pusat kebugaran yang memberikan free trial untuk mencoba peralatan sebelum menjadi anggota. Nah, bila benar-benar sudah “klik”, barulah mendaftar.

Kesalahan Memilih Pusat Kebugaran

Sebagian orang memilih pusat kebugaran tanpa berpikir panjang. Misalnya, menilai kualitas sebuah fitness centre hanya berdasarkan harga yang ditawarkan. Simpel, anggapannya semakin mahal harganya, maka semakin bagus pula kualitasnya.

Padahal, pusat kebugaran dengan harga yang mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Enggak cuma itu, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor kebersihan, kamar mandi, loker penyimpanan, hingga jumlah peralatan sehingga tak saling berebutan.

Selain itu, tidak sedikit juga orang yang berpikir bahwa dengan membayar sejumlah uang untuk menjadi anggota gym, hal itu akan memotivasi mereka untuk berolahraga. Memikirkan uang yang sudah dikeluarkan untuk pusat kebugaran memang bisa membuat sebagian besar orang mau tidak mau harus berolahraga.

Namun, faktor yang menjadi motivasi terbesar bagi seseorang untuk rajin berolahraga adalah niat dan adanya kesadaran akan pentingnya hidup sehat. Jadi, yuk jadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup kamu sehari-hari.

Ciptakan Gaya Hidup Sehat Bersama ReFIT! Tubuh yang fit merupakan cerminan hidup yang baik. Daftar sekarang atau mulai dengan Free Trial!

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.