Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

1. Sumber Vitamin C yang Baik

Singkong mengandung vitamin C dosis tinggi, yaitu 20 persen kebutuhan harian dalam setiap porsi 3,5 ons (100 gram).  Perlu diingat bahwa vitamin C memainkan peran kunci dalam banyak aspek kesehatan, termasuk sistem imun tubuh. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu melindungi dari stres oksidatif dan mendukung fungsi sel kekebalan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga melindungi dari kerusakan kulit dan merangsang produksi kolagen, sejenis protein yang ditemukan di seluruh tubuh, seperti di tulang, kulit, otot, dan persendian.

2. Mengandung Pati Resisten

Selain menjadi sumber vitamin C yang baik, singkong juga mengandung pati resisten yang tinggi. Pati resisten sendiri merupakan jenis pati yang melewati pencernaan dan memiliki sifat yang serupa dengan serat larut. Nah, mengonsumsi makanan yang tinggi pati resisten dikabarkan bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa aspek.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada U.S National Library of Medicine menjelaskan kalau pati resisten memberi makan bakteri baik pada usus dan dapat mengurangi peradangan. Selain itu, pati resisten juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

Itulah penjelasan mengenai manfaat singkong bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, singkong merupakan sumber vitamin C yang baik dan makanan yang mengandung pati resisten. Keduanya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebagai contoh, vitamin C dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Sementara itu, pati resisten diketahui dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi peradangan.

Meski begitu, singkong perlu dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Sebab, mengonsumsi singkong secara mentah dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, pastikan juga untuk senantiasa memenuhi asupan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuhmu. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat sekaligus suplemen kesehatan untuk memenuhinya.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.