Pentingnya Melatih Kekuatan Otot Perut

Banyak orang berpikir bahwa melatih otot perut, berarti hanya memperkuat otot bagian perut saja. Padahal, otot perut meliputi otot panggul, pinggul, dan otot tulang belakang.

Berikut ini pentingnya melatih kekuatan otot perut:

1. Menstabilkan Punggung Bawah

Sebuah studi menunjukkan hubungan antara penurunan kualitas otot perut dan penuaan. Para penelitian menekankan perlunya olahraga yang melatih kekuatan otot perut pada orang dewasa yang lebih tua yang mengidap sakit punggung. Terutama bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Temuan dari studi yang sama juga menegaskan bahwa wanita memiliki otot perut yang lebih kecil dibandingkan dengan  pria. Hal ini menunjukkan hubungan antara perubahan hormonal setelah menopause dan kualitas otot inti.

2. Meningkatkan Keseimbangan dan Stabilitas Tubuh

Latihan inti melatih otot di panggul, punggung  bawah, pinggul, dan perut untuk bekerja secara harmonis. Hal ini mengarah pada keseimbangan dan stabilitas, baik pada saat berolahraga atau dalam aktivitas sehari-hari.

3. Mendukung Postur Tubuh yang Lebih Baik

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki postur tubuh yang buruk. Hal tersebut dapat disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Contohnya posisi tubuh yang keliru saat bekerja menggunakan komputer. Akibatnya, terjadi gangguan pada leher, bahu, punggung, dan gangguan muskuloskeletal lainnya.

Dengan melakukan latihan kekuatan otot perut, maka masalah terkait postur tubuh dapat diatasi. Salah satu latihan yang direkomendasikan untuk mendukung postur tubuh yang lebih baik yaitu yoga. Sebab gerakan yoga dapat mengaktifkan otot inti tertentu dan mampu memperbaiki postur tubuh.

4. Meningkatkan Performa Olahraga

Hampir semua gerakan olahraga menggunakan otot inti untuk stabilitas dan keseimbangan. Menariknya lagi, otot perut yang kuat akan mendukung pemulihan dan penyembuhan jika kamu mengalami cedera saat berolahraga.

Perlu dipahami, perut adalah pusat dari sendi-sendi tubuh yang aktif. Ketika perut berhasil menstabilkan bagian pusat tubuh untuk waktu yang lama, kamu meminimalkan gerakan yang tidak perlu dari lengan, kaki, dan pinggul. Perut yang kokoh membuat tubuh tetap efisien.

5. Membantu Mengurangi atau Mencegah Rasa Sakit

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa latihan kekuatan otot perut bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggung dan pinggul. Meskipun ada banyak penyebab nyeri punggung, tapi para peneliti menyebutkan ada korelasi antara otot inti yang melemah dengan masalah mobilitas, dan intensitas nyeri punggung.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.