pusat kebugaran

Manuver Brand Pusat Kebugaran Menghadapi Pandemi Covid-19

Bagi banyak orang, pusat kebugaran adalah bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Tetapi ketika wabah virus korona melanda, orang-orang mulai melihat gym dengan pandangan baru. Pertanyaan besarnya menjadi, “Amankah berolahraga di luar rumah?” 

Kekhawatiran mereka terjawab ketika para ahli mempertimbangkan dan menganggap gym berisiko. Beberapa mega gym seperti Barry’s dan Peloton pun akhirnya menutup studionya. Berita ini bukan hanya pukulan besar bagi industri fitness dengan keuntungan besar, tapi juga merupakan berita buruk bagi para penggemar kebugaran yang ingin berolahraga sebagai cara untuk tetap aktif, melepaskan endorfin, dan tetap sehat. 

Namun, konsumen maupun brand harus dapat menghadapi tantangan tersebut. Saat ini orang-orang menemukan cara untuk berolahraga dari rumah, menggunakan barang-barang rumah tangga dan membuat perlengkapan olahraga darurat (botol air sebagai beban). Sedangkan brand pusat kebugaran pun berpikir keras untuk menciptakan metode keterlibatan baru saat pelanggan mereka berada di karantina.

Berikut ini adalah manuver brand pusat kebugaran dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Apa yang orang butuhkan?

Virus Corona telah membawa perbedaan tajam antara produk “esensial” dan “non-esensial”. Meski gym dianggap tidak penting, tapi menjadi bugar adalah komponen penting untuk merasa tetap normal dan sehat. Bagi banyak orang, kecemasan seputar virus benar-benar melumpuhkan.

Jadi sebagai pemasar, tanyakan pada diri atau brand Anda apa yang dibutuhkan pelanggan. Dan sebagai merek kesehatan dan kebugaran, tugas Anda adalah memberikan jalan alternatif bagi pelanggan Anda untuk tetap sehat.

Sekarang saatnya hadir di hadapan pelanggan

Selama periode gejolak ekonomi, orang cenderung tidak melihat dengan bebas dan cenderung lebih suka menabung. Karena itu, beberapa merek telah menunda, mengurangi, atau menarik keperluan pembelanjaan secara bersamaan. Meskipun keraguan tersebut masuk akal, penting bagi Anda untuk:

a.) Mempertimbangkan bagaimana merek Anda dinilai sangat penting bagi banyak orang saat ini.

b.) Putar pikiran Anda untuk melihat lebih banyak orang yang online + lebih banyak ruang untuk menempatkan iklan = cara yang lebih murah untuk menarik perhatian.

Berdasarkan data Adroll ditemukan bahwa sejak laporan virus korona pertama, biaya per seribu tayangan (CPM) telah turun sebesar 15% di seluruh jaringannya. Meskipun kampanye kesadaran akan merek dinilai tak lagi efektif, ingatlah jika banyak orang saat ini yang menelusuri pengganti gym, suplemen kesehatan, dll. Hal ini bisa dijadikan langkah untuk selalu mengingatnya sampai mereka siap untuk membeli? Ingatlah bahwa keakraban melahirkan kepercayaan. Upaya kesadaran merek dapat membantu meningkatkan nilai pelanggan (CLV) dan mengurangi biaya akuisisi pelanggan (CAC).

Perkuat loyalitas merek

Gym dikenal dengan program loyalitasnya tetapi bagaimana Anda dapat menguatkan loyalitas brand secara online? Simak beberapa ide berikut:

  • Memberi informasi kepada anggota: Selalu berikan informasi terbaru kepada pelanggan tentang berita perusahaan terbaru. Dalam kasus ini, jika gym ditutup untuk waktu yang tak dapat diperkirakan, beritahu member secepatnya. Beritahu mereka bahwa keanggotaan mereka otomatis dijeda, lalu tawarkan solusi alternatif untuk tetap aktif. 
  • Meningkatkan layanan pelanggan: Penting untuk bersikap terbuka dan tersedia bagi pelanggan kapan pun mereka membutuhkan Anda. Pastikan untuk menanggapi pelanggan dalam waktu 24 jam.
  • Menawarkan sumber daya eksternal: Bagikan artikel yang menurut Anda berguna atau menjawab pertanyaan pelanggan.

Mengubah strategi pemasaran

Bidang kesehatan dan kebugaran menjadi industri yang ramai, jadi sangat penting untuk tidak hanya menjual produk tetapi juga untuk memberikan gaya hidup yang menarik. Tapi, bagaimana cara brand melakukan strategi ini secara virtual? Berikut beberapa tipsnya:

  • Manfaatkan media sosial. Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang di seluruh dunia mulai menjadi kreatif dengan rutinitas latihan di rumah. Dorong anggota dan pengikut Anda untuk memposting video olahraga mereka dan membagikannya kembali di akun media sosial Anda. Ingatlah juga untuk selalu memberikan penghargaan pada pelanggan.  Jika memungkinkan, pertahankan keterlibatan anggota Anda dengan melakukan sesi latihan streaming langsung mingguan sehingga orang-orang dapat mendaftar. Seperti ReFIT Indonesia yang menyediakan kelas virtual untuk anggota latihan intensitas tinggi di kelas ReBOOT.
  • Buat komunitas virtual. Bagi banyak orang, ini bukan hanya tentang menjadi bugar, tapi ini tentang persahabatan dari komunitas gym. Mengikuti kelas fitness lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-teman Anda.Dengan pemikiran ini, pertimbangkan untuk membuat komunitas online melalui saluran khusus. Dengan cara ini, orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain, berbagi kiat dan video latihan, dan memerangi kesepian karena terisolasi. 
  • Sediakan konten yang bermanfaat. Anda dapat menawarkan posting blog dan kampanye media sosial yang menyentuh topik kebugaran dan kesehatan.
5/5 (1)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.