Header blog sejarah Zumba

Apa itu Senam Zumba? Dan Bagaimana Sejarahnya, Serta Manfaat Bagi Tubuh

Pengertian Umum Senam Zumba

Bagi Anda penggemar senam Zumba di Indonesia, tentu olahraga ini tidak terdengar asing bagi Anda. Hampir disemua tempat latihan senam dan fitness atau yang biasa kita sebut dengan Gym mengadakan senam ini. Zumba adalah olahraga yang sejenis Aerobik, karena seluruh gerakannya merupakan gerakan yang sebagian berasal dari gerakan Aerobik.

Gerakan Senam Zumba

Dasar gerakan senam zumba adalah tarian dan senam aerobik sehingga masuk dalam kategori dance fitness. Zumba banyak digemari karena memiliki banyak keunggulan, seperti mampu membakar mengencangkan otot. Disamping itu jenis musik dan tarian Zumba yang bernada menyenangkan ternyata dapat meningkatkan produksi hormon endorfin didalam tubuh, tubuh anda menjadi aktif dan enerjik, sehingga membakar kalori lebih banyak 

Sejarah Zumba

Pertama kali dilakukan oleh Alberto Beto Perez yang berasal dari Columbia, Amerika Selatan, (2001). Dan saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat keseluruh belahan dunia. Kata “Zumba” berasal dari bahasa Columbia, yang biasa disebut dengan “Zum-zum”, yang artinya adalah “Gerak Cepat.

Zumba dance

Sejarah Zumba bermula dengan situasi yang unik, dimana suatu hari Beto hendak mengajar senam aerobik. Namun pada hari itu ternyata ia tidak membawa CD (Compact Disc) senam Aerobik yang biasa dilakukannya. Namun ia tidak kehilangan akal, kemudian Beto berinisiatif untuk mengambil semua CD yang ada di mobilnya yang bergenre Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton. Kemudian Beto mencoba untuk membuat gerakan-gerakan senam yang dicampur dengan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut. Dan setelah kelas senam tersebut berakhir, ternyata ia mendapatkan respon positif dari murid-muridnya. Sejak itulah sejarah Zumba akhirnya tercipta dan kemudia Perez mematenkan kelas zumba ini pada tahun 2001. 

zumba

Sejak saat itu, zumba telah berkembang di 125 negara dan menjadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba. Jenis tari yang digunakan pun makin bervariasi diantaranya yaitu Samba, Aqua Zumba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumba, Flamenco, dan Calypso. Zumba populer tahun 2003 di Amerika dan diibawa ke Indonesia pada tahun 2009 , namun mulai diminati oleh masyarakat Indonesia baru sejak awal tahun 2012. Bila anda tertarik untuk merasakan sensasi dansa menyenangkan dan membakar kalori serta memperlancar peredaran darah, anda bisa mengikuti senam zumba yang bisa dilakukan bersama ReFIT!

Baca Juga:

5 Alasan Kenapa Massa Otot Anda Tidak Bertambah
Lelah Setelah Berolahraga? Mungkin Gangguan Pada Kelenjar Adrenal
5/5 (6)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.