olahraga

WHO : Meningkatkan Level Olahraga Secara Global Bisa Cegah 5 Juta Kematian

Belum lama ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap keterangan menarik. Menurut WHO, meningkatkan aktivitas fisik secara global dapat mencegah hingga 5 juta kematian setiap tahun. Tak hanya itu, aktif secara fisik juga bisa menghemat anggaran hingga 68 miliar dolar Amerika.

Melansir dari laman Health Club Management, statistik WHO menunjukkan data dimana satu dari empat orang dewasa, dan empat dari lima remaja, masih kurang aktif bergerak atau tidak mendapat aktifitas fisik yang cukup. Secara global, hal ini diperkirakan memakan biaya 54 miliar dolar Amerika untuk perawatan kesehatan dan 14 miliar dolar Amerika untuk kehilangan produktivitas setiap tahunnya.

Aktif secara fisik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan

Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, aktif secara fisik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. “Kita semua harus bergerak setiap hari dengan aman dan kreatif. Setiap langkah menjadi berarti, terutama sekarang karena kami menangani kendala pandemi Covid-19,” tandasnya.

Dalam peluncuran WHO Guidelines on physical activity and sedentary behaviour, Dr Tedros Adhanom menekankan setiap orang dari segala usia harus selalu aktif. Di mana setiap aktivitas fisik yang dilakukan perlu diperhitungkan. 

Pedoman baru dari WHO tersebut merekomendasikan orang dewasa melakukan aktivitas aerobik setidaknya 150 – 300 menit per minggu. Durasi olahraga ini juga berlaku untuk mereka dengan kondisi kronis dan berkebutuhan khusus. Sementara untuk anak-anak dan remaja, WHO menyarankan mereka untuk olahraga sekitar 60 menit per hari.

Olahraga baik bagi kesehatan hati, tubuh, dan pikiran

“Panduan baru ini menyoroti betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan hati, tubuh, dan pikiran kita. Yang mana latihan juga bermanfaat bagi semua orang dari segala usia dan kemampuan,” kata Dr Fiona Bull, Head of the Physical Activity Unit. 

Senada dengan Dr Fiona Bull, Direktur Promosi Kesehatan WHO, Dr Ruediger Krech menambahkan, olahraga dalam bentuk apapun dan dengan durasi berapa pun dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Tetapi jika dilakukan lebih sering tentu akan lebih baik.

“Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk diam, baik di kantor atau sekolah, Anda harus melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Hal ini penting dilakukan untuk melawan efek berbahaya dari perilaku tidak aktif,” ulasnya. 

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.