waktu senam yang baik

Rekomendasi Waktu Senam yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa orang mengatakan dengan bersenam pada pukul 6 pagi, tetapi pada kenyatannya ada beberapa faktor lagi jadi kapan waktu yang baik untuk senam?

 

Sesuaikan dengan jam tubuh Anda

Irama sirkadian adalah sebuah istilah untuk menyebut jam tubuh Anda. Ada orang yang lebih bersemangat ketika malam hari, ada yang lebih bersemangat ketika pagi hari. Inilah yang merupakan irama sirkadian. Jam tubuh ini berbeda tiap orang dan Anda mungkin akan susah untuk mengubahnya, sehingga sebaiknya dicoba dulu untuk melakukan senam di berbagai waktu untuk melihat, kira-kira Anda merasakan manfaat pada waktu yang mana?

Irama ini mempengaruhi fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh, kadar hormon, dan detak jantung, yang semuanya memainkan peran dalam kesiapan tubuh Anda untuk berolahraga, utamanya senam. Jadi gunakan jam tubuh Anda sebagai panduan kapan harus senam.

Kelebihan dari bersenam di pagi hari

Jika Anda memiliki masalah dengan konsistensi, pagi hari mungkin waktu terbaik untuk berolahraga, kata para ahli. Penelitian menunjukkan dalam hal melakukan kebiasaan olahraga yang konsisten, individu yang berolahraga di pagi hari cenderung melakukan lebih baik. Tentunya hal ini pun juga berlaku untuk Anda yang ingin melakukan senam pagi.

Penelitian ini pun merekomendasikan bahwa jika Anda berolahraga di pagi hari, ketika suhu tubuh lebih rendah, Anda harus memberikan lebih banyak waktu untuk pemanasan daripada yang akan dilakukan di kemudian hari. Karena, badan akan cenderung kaget, apalagi ketika Anda melakukan senam.

Bagi penderita insomnia, olahraga malam kurang baik

Melakukan olahraga di sore hingga malam hari ternyata mampu membuat Anda yang terserang insomnia makin parah. Dengan melakukan olahraga berat seperti senam, tubuh Anda pun akan susah memasuki zona untuk istirahat.

“Tubuh Anda perlu bersiap-siap untuk tidur,” kata Sally A. White, PhD, dekan dan profesor di College of Education di Lehigh University di Bethlehem, Pa. “Anda ingin detak jantung dan suhu tubuh Anda di zona istirahat.” Hal ini tidak bisa dilakukan bila Anda baru saja selesai berolahraga. Apalagi senam;

“Baik olahraga dan makan meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda,” kata White pada WebMD. “Itu tidak kondusif untuk tidur.” Sehingga, insomnia yang kerap menghantui Anda pun akan bisa semakin menjadi.

Siapa yang cocok berolahraga di malam hari?

Bagi Anda yang merupakan orang dinamis dalam urusan pekerjaan, dan tentunya tidak menderita insomnia, Anda lebih cocok untuk berolahraga di sore hari. Setelah bekerja, Anda masih cukup bersemangat untuk melakukan aktivitas lainnya. Apalagi senam bisa membuat Anda merasa lebih bersemangat dengan lagu-lagunya. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak olahraga segera setelah makan. Hal ini dapat membuat tubuh Anda terasa berat dan malas.

Inilah waktu yang tepat untuk melakukan senam. Intinya, Anda harus menyesuaikan dengan tubuh Anda. Tidak perlu memaksa untuk seperti orang lain karena apa yang baik untuk orang lain belum tentu baik pula untuk Anda.

5/5 (1)

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.