tips workout

Tips Workout untuk Pemula agar Terhindar dari Cedera

Banyak orang yang ingin memulai melakukan workout. Namun masih banyak yang belum mengetahui cara agar workout yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini tips workout untuk pemula agar terhindar dari cedera dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Sepatu yang Nyaman

Tips workout pertama untuk pemula yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jenis sepatu yang nyaman. Sepatu mempunyai pengaruh yang penting terhadap aktivitas workout yang akan Anda lakukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan juga tepat untuk melakukan aktivitas workout. Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sepatu untuk workout. Salah memilih dan menggunakan sepatu akan membuat Anda tidak nyaman saat melakukan aktivitas workout.

Jika Anda tidak mengetahui sepatu jenis apa yang cocok untuk digunakan saat aktivitas workout maka Anda dapat pergi ke toko sepatu. Kemudian Anda bisa meminta saran mengenai sepatu yang cocok digunakan untuk workout. Selain itu Anda juga bisa meminta saran dari ahli sebelum memilih sepatu untuk workout.

Menjaga Tubuh Agar Tidak Hidrasi

Tips workout berikutnya untuk pemula adalah dengan menjaga tubuh agar tidak mengalami hidrasi. Sangat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup. Kurang cairan yang ada di dalam tubuh akan memberi dampak yang buruk bagi kesehatan Anda. Namun meskipun begitu Anda tetap harus memperhatikan jumlah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jumlah asupan air minum yang perlu Anda konsumsi selama melakukan workout sangat bergantung dari durasi waktu Anda melakukan workout. Jika Anda melakukan workout tidak lebih dari satu jam maka Anda tidak perlu membawa air minum. Akan tetapi jika waktu workout yang Anda lakukan lebih dari satu jam maka Anda bisa membawa satu botol minum. Anda bisa mengisinya dengan minuman olahraga agar dapat mengembalikan elektrolit yang dikeluarkan saat Anda melakukan workout. Dengan meminum satu botol minuman keluarga saat Anda melakukan workout selama lebih dari 1 jam maka akan membantu mengembalikan stamina Anda. Dengan begitu Anda tidak akan merasakan kelelahan. Selain itu juga dapat memberikan Anda kekuatan untuk melakukan workout selanjutnya.

Tetap Mengutamakan Istirahat

Tips selanjutnya untuk pemula yang akan melakukan workout adalah tetap mengutamakan istirahat. Meskipun olahraga mempunyai manfaat yang baik bagi Tubuh namun bukan berarti Anda lebih mengutamakan olahraga daripada istirahat. Anda perlu tetap mengutamakan istirahat sebagai prioritas. Jika Anda sudah merasa lelah untuk berolahraga, alangkah baiknya jika Anda beristirahat terlebih dahulu.

Jika Anda memaksakan untuk tetap berolahraga saat kondisi Anda sedang lelah maka hanya akan membuat kondisi Anda semakin lemas. Bahkan tidak mungkin jika selama melakukan aktivitas workout, Anda mengalami cedera. Hal tersebut tentunya akan membuat kondisi tubuh Anda semakin parah. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi tubuh terlebih dahulu ketika akan melakukan workout. Jangan sampai Anda mengalami hal yang tidak diinginkan saat workout karena memaksakan tubuh tetap melakukan workout saat Anda mengalami kelelahan.

Menyempurnakan Postur Tubuh

Tips workout terakhir untuk pemula adalah dengan menyempurnakan postur tubuh. Bagi pemula tentunya masih sulit untuk menguasai gerakan workout dengan tepat. ada banyak materi workout yang perlu dipelajari. Salah satu materi workout adalah mengangkat beban. Hal ini sangat berkaitan dengan posisi postur tubuh yang sempurna. Dengan menyempurnakan posisi postur tubuh maka Anda dapat mengembangkan bagian otot. Hal itu akan membuat Anda mampu melakukan gerakan dengan baik. Tidak hanya itu saja, menyempurnakan postur tubuh akan membuat Anda terhindar dari stress yang bisa Anda alami saat melakukan workout.

Tips workout di atas bisa Anda gunakan jika Anda masih ingin memulai aktivitas workout. Sebelum melakukan aktivitas workout, terlebih dahulu Anda perlu memastikan stamina Anda fit. Jika stamina Anda fit maka Anda bisa memulai workout dengan baik.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.