Tips Sehat Menjaga Kondisi Tubuh Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Agar mudik Lebaran berjalan lancar dan kondisi tubuh tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan, yaitu:

1. Lakukan Persiapan yang Matang

Persiapkan kondisi kendaraan yang digunakan untuk perjalanan mudik. Jika kamu menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya pilih kendaraan yang kamu rasa nyaman untuk perjalanan mudik nanti.

Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup sebelum kamu melakukan perjalanan mudik. Agar kamu tetap sehat dan bugar setelah sampai di kampung halaman.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Dalam perjalanan ke kampung halaman, penuhi asupan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Siapkan bekal sehat untuk perjalanan mudik Lebaran. Bekal makanan yang kamu bawa juga tidak boleh sembarangan.

Kamu bisa membawa roti gandum sebagai pengganti nasi yang tinggi serat. Selain itu, buah-buahan bisa kamu jadikan penambah nutrisi. Selain kaya manfaat, mengonsumsi buah dapat menjaga tubuh tetap prima selama perjalanan.

3. Istirahat Jika Lelah

Ketika merasa lelah selama perjalanan mudik Lebaran, sebaiknya segera istirahat dan jangan memaksakan diri. Terutama jika kamu membawa kendaraan pribadi.

4 Perhatikan Asupan Cairan

Selain makanan, perhatikan juga asupan cairan selama mudik Lebaran. Tubuh akan lebih banyak terpapar polusi saat perjalanan mudik. Oleh sebab itu sebaiknya cukupi kebutuhan cairan agar racun yang masuk dalam tubuh dapat dengan mudah dihilangkan.

Mencukupi kebutuhan cairan pada saat mudik Lebaran juga dapat mencegah dehidrasi. Selain dari air putih, cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi kadar air.

5. Sediakan Obat-obatan Pribadi

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan selama perjalanan mudik Lebaran. Terutama jika kamu memiliki penyakit yang mengharuskan kamu mengonsumsi obat secara teratur, sebaiknya jangan lupa untuk dibawa ketika perjalanan mudik, ya.

6. Konsumsi Suplemen atau Vitamin Kesehatan

Vitamin penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kamu bisa konsumsi vitamin C selama perjalanan agar kesehatan terjaga. Berbagai vitamin sebenarnya bisa didapatkan secara alami dari buah dan sayur. Namun, jika merasa butuh asupan lebih, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

Ikuti Syarat dan Protokol Kesehatan dari Pemerintah

Mudik Lebaran 2022 bisa dibilang berbeda dan paling dinanti-nantikan. Pasalnya, semenjak pandemi COVID-19, baru di tahun 2022 Pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat untuk mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tentunya, ada hal-hal yang jadi syarat dan perlu diperhatikan. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022, tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang dikeluarkan pada 2 April 2022. Salah satu ketentuan yang harus diperhatikan adalah soal vaksinasi booster. 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.