metabolisme

Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Metabolisme Tubuh Tetap Terjaga!

Metabolisme tubuh seseorang sejatinya dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini selaras dengan hasil penelitian yang dipublikasikan di Public Health Nutrition. Para peneliti menemukan bahwa, semakin bertambahnya usia dikaitkan dengan penurunan progresif dalam tingkat metabolisme basal.

Selain karena pertambahan usia, ada banyak kebiasaan lain yang dapat menurunkan metabolisme seseorang. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan kebiasaan apa saja yang dapat memengaruhi metabolisme tubuh.

Berikut lima kebiasaan yang harus Anda hindari agar metabolisme tubuh tetap terjaga, dilansir dari Myfitnesspal.

Melewatkan Sarapan

Mulailah pagi Anda dengan hal yang baik seperti  makan sarapan bergizi. Karena metabolisme Anda melambat saat tidur, mengasup makanan sehat  dapat membantu meningkatkan kembali energi  tubuh dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Menurut Pusat Medis Universitas Rush, “Ketika Anda sarapan, Anda memberi tahu tubuh Anda bahwa ada banyak kalori yang bisa didapat untuk hari itu. Ketika Anda melewatkan sarapan, pesan yang diterima tubuh Anda adalah perlunya menghemat daripada membakar kalori yang masuk. ”

Terlalu banyak duduk

Tanpa disadari, keseharian Anda mungkin dihabiskan dengan duduk di atas kursi. Misalnya saja, saat Anda bekerja di kantor, duduk di café, atau naik kendaraan. Nah, duduk dalam waktu yang lama berdasarkan penelitian, dianggap memperlambat metabolisme.

Menurut National Health Service Inggris, “Duduk dalam waktu lama dianggap memperlambat metabolisme, yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah, tekanan darah, dan memecah lemak tubuh.”

Mengabaikan olahraga

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan strength training. Menurut  American Council on Exercise (ACE), latihan kekuatan adalah komponen kunci metabolisme karena secara langsung terkait dengan massa otot. Semakin banyak jaringan otot aktif yang Anda miliki, maka semakin tinggi tingkat metabolisme Anda.

Kurang asupan protein

Protein menjadi komponen penting untuk memertahankan berat badan yang sehat dan juga baik untuk perkembangan otot Anda. Dengan kurangnya asupan protein, tubuh akan kesulitan membangun atau memertahankan massa otot Anda. Sebagaimana yang diketahui, otot-otot ini penting dan berkaitan dengan metabolisme.

Kurang tidur

Tidak cukup tidur di malam hari dapat membuat Anda merasa lamban dan mengganggu proses kognitif seseorang.  Berdasarkan penelitian, dengan kurangnya tidur akan mengakibatkan penurunan metabolisme dan ketidakseimbangan hormon.

Yuk Sobat FIT, mulai saat ini hindari lima kebiasaan buruk di atas agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

No ratings yet.

Please rate this