Tips Mengelola Stres Untuk Mencegah Kenaikan Kadar Gula Darah

Pastikan untuk selalu mengelola tingkat stres dengan baik agar kadar gula darah tidak mengalami kenaikan. Berikut cara yang bisa kamu lakukan

1. Rutin berolahraga

Hampir semua aktivitas fisik atau olahraga dapat berperan sebagai pereda stres. Aktivitas fisik dapat membantu produksi hormon endorfin dan bahan kimia lainnya yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba lakukan untuk menurunkan tingkat stres, seperti:

  • Olahraga di Gym (angkat beban/ikuti kelsa seperti yoga, zumba atau aerobic)
  • Berenang.
  • Berlari.
  • Bersepeda.

Bukan itu saja, dengan melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, berkebun, dan memasak juga bisa membuat tubuh aktif dan memproduksi hormon endorfin.

2. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Mengonsumsi jenis makanan tertentu juga dapat membantu kamu dalam mengelola stres. Pastikan kamu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B dan magnesium yang baik untuk menjaga suasana hati.

Bukan itu saja, kamu juga bisa mengonsumsi cokelat sebagai pereda stres. Cokelat terkenal sebagai camilan manis yang mengandung antioksidan tinggi. Terpenuhinya kebutuhan antioksidan nyatanya mampu menurunkan hormon stres dalam tubuh sehingga kadar gula darah tetap normal.

3. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan untuk menurunkan tingkat stres dalam tubuh. Kamu juga bisa menggali lebih dalam mengenai bakat atau hobi yang kamu miliki.

Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, tubuh akan menghasilkan hormon bahagia, yaitu hormon dopamin yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

4. Hindari kebiasaan buruk

Kamu juga bisa menurunkan stres dengan menghindari kebiasaan buruk. Mulai dari kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga obat-obatan terlarang.

Selain menyebabkan perburukan kondisi stres, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada kesehatan, salah satunya meningkatkan kadar gula darah normal.

5. Penuhi kebutuhan istirahat

Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memenuhi kebutuhan istirahat. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan peningkatan kondisi stres yang menyebabkan kenaikan kadar gula darah normal.

No ratings yet.

Please rate this