Gym di bekasi

Suka Nge-Gym? Ikuti 6 Tips Ini untuk Atur Pola Makannya!

Berolahraga tentunya tidak hanya mengatur jadwal olahraga saja. Namun, juga harus mengatur pola makan sehat yang akan dikonsumsi demi mendukung tubuh tetap fit dan ideal.  Jika kamu sering nge-gym, sudah sepatutnya kamu mengatur pola makan yang akan dikonsumsi ya, agar mendapatkan kebugaran dan bentuk tubuh yang diinginkan.

Maka dari itu, di bawah ini ada tips-tips yang bisa membantu untuk mengatur pola makan sehat, khusus untuk kamu yang suka nge-gym. Penasaran apa aja? Yuk, simak enam tips berikut.

Memilih Makanan Berdasarkan Nutrisi

Jangan Asal Pilih, Ikuti 6 Tips Ini untuk Atur Pola Makan Fitness!

Tips yang pertama kamu harus mengetahui nutrisi makanan yang akan dikonsumsi demi membantu untuk mendapatkan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan saat beraktivitas olahraga. Selain memilih makanan berdasarkan nutrisi, Anda juga diwajibkan makan di waktu yang tepat dan tentunya harus teratur ya!

Jangan tidak sarapan

Jangan Asal Pilih, Ikuti 6 Tips Ini untuk Atur Pola Makan Fitness!

Buat kamu yang jarang makan di pagi hari, mulai sekarang cobalah untuk sarapan secara teratur. Karena, sebuah artikel yang diterbitkan Harvad menunjukkan, sarapan secara teratur dapat mengurangi rendahnya risiko diabetes dan penyakit jantung, lho.

Selain memiliki peran penting dalam kesehatan, makan di pagi hari juga membantu mengisi gula darah yang sangat dibutuhkan untuk menguatkan otot dan otak. Sarapan yang kaya akan serat dan protein dapat menahan rasa lapar lebih lama dan memberikan energi positif yang sangat dibutuhkan saat berolahraga.

Menghitung karbohidrat yang tepat

Mengkonsumsi karbohidrat yang tepat itu merupakan hal yang penting, kenapa? Karena, karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kamu. Menurut, Mayo Clinic, sekitar 45 hingga 65 persen total kalori harus berasal dari karbohidrat. Karbohidrat bisa kamu temukan pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebagainya.

Memilih makanan berdasarkan protein

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan bugar, kamu juga diharuskan untuk memilih makanan yang berprotein tinggi. Protein dibutuhkan untuk membantu kamu dalam membangun dan memperbaiki masa otot. Untuk pilihan makanan, kamu bisa mendapatkan protein dari ayam, ikan, susu, kacang, dan telur. Namun, cobalah untuk tidak pilih protein tanpa lemak yang berarti protein yang rendah lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging merah dan daging olahan.

Tingkatkan asupan buah dan sayuran

Buah dan sayuran terkenal kaya akan serat alami, seperti vitamin, mineral, dan senyawa lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, asupan buah sesudah dan sebelum olahraga sangat berperan penting, karena kamu akan merasa lebih bersinergi dalam melakukan olahraga. Tentunya, kamu harus memilih buah dan sayuran yang memiliki gula rendah sehingga mudah untuk dicerna, seperti pisang, berry, anggur, dan jeruk.

Jangan terlalu kurangi banyak kalori

Apabila kamu mencoba untuk menurunkan berat badan atau ingin mengencangkan tubuh, kemungkinan besar kamu akan mengurangi asupan kalori dari makanan. Mengurangi kalori dari makanan yang berlebihan justru tidak akan menurunkan berat badan. Karena secara tidak langsung tubuh akan mengetahui terjadinya pengurangan asupan dan menjadikannya sebagai ancaman.

Tak sampai disitu saja,  tubuh juga akan lebih memilih untuk menggunakan energi yang ada di otot yang mengakibatkan massa otot Anda pun melemah. Akibatnya, metabolisme pun ikut melambat. Di masa tersebut, tubuh akan mulai menyimpan lemak sebagai cadangan energi yang tersimpan di dalam tubuh. Hal tersebut lah yang menyebabkan berat badan memiliki fase penuruan yang sangat lama atau tidak turun sama sekali.

Nah, dari enam tips pola makan di atas, kini Anda tidak bingung lagi terkait pola makan yang akan dikonsumsi kan? Maka dari itu, mari mulai mengatur pola makan yang benar demi mendapatkan kesehatan dan tubuh yang ideal!

Leave a Comment.