Tips Hidup Sehat di Tahun Baru 2022

Mengingat pandemi COVID-19 masih belum usai, memiliki tubuh yang sehat penting agar kamu tidak mudah terserang berbagai virus dan jatuh sakit. Tidak perlu menetapkan gol yang terlalu tinggi, membuat perubahan sederhana pada gaya hidup kamu saja sudah bisa memberikan dampak yang cukup signifikan pada kesehatan. Bila kamu bingung harus mulai dari mana, simak tips memulai hidup sehat di tahun 2022 di sini.

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Utuh

Salah satu gaya hidup sehat yang mudah dan baik untuk dilakukan secara berkelanjutan untuk tubuh yang sehat adalah perbanyak makan-makanan utuh.

Makanan utuh yang dimaksud adalah makanan yang disajikan secara alami, tanpa tambahan lemak, gula, atau garam. Contoh makanan utuh, yaitu sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Semua makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan berbasis makanan utuh bisa secara signifikan mengurangi faktor risiko penyakit jantung, berat badan, dan kadar gula darah, serta mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti diabetes tipe 2.

2. Kurangi Duduk dan Lebih Banyak Bergerak

Entah itu karena alasan pekerjaan ataupun hanya karena tidak aktif, banyak orang duduk lebih lama dari yang seharusnya. Nah, terlalu banyak duduk bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Faktanya, kebiasaan ini mungkin bisa meningkatkan risiko kematian.

Karena itu, berusahalah untuk mengurangi duduk di tahun baru 2022. Misalnya, bila kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk dalam waktu lama, buatlah resolusi untuk berjalan kaki selama 15 menit pada waktu jam makan siang, atau bangun dan berjalan kaki selama 5 menit setiap beberapa jam saat bekerja.

3. Kurangi Minum-Minuman Manis

Mengurangi minuman manis juga bisa menjadi resolusi yang baik di tahun 2022, mengingat jenis minuman tersebut terkait dengan peningkatan risiko obesitas, perlemakan hati, penyakit jantung, dan masih banyak penyakit lainnya. Bila kamu terbiasa minum-minuman manis, kurangilah secara bertahap agar kamu lebih mudah untuk menghentikan kebiasaan tersebut selamanya.

4. Tidur yang Berkualitas

Tidur adalah bagian penting dari hidup sehat secara keseluruhan, dan kurang tidur bisa menyebabkan dampak serius. Misalnya, kurang tidur bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan depresi.

Jadi, penting untuk mencari cara terbaik yang bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur kamu. Misalnya, mengurangi waktu layar sebelum tidur, mengurangi kafein, dan tidur pada jam yang wajar adalah beberapa cara sederhana untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Cari Aktivitas Fisik yang Kamu Sukai

Setiap memasuki tahun yang baru, banyak orang bersemangat untuk berolahraga secara rutin dengan mendaftar gym, program kebugaran, dan lain-lain. Namun, kebanyakan dari mereka hanya bersemangat di awal saja dan tidak bisa mempertahankan rutinitas baru tersebut dalam waktu yang lama.

Nah, tips agar kamu bisa menjadikan olahraga sebagai rutinitas baru yang bertahan lama adalah dengan memiliki jenis olahraga yang sesuai dengan minat kamu dan mencocokkannya dengan jadwal kamu. Misalnya, kamu bisa berjalan kaki selama setengah jam setiap hari, joging atau bersepeda sebelum bekerja, atau berenang di gym setelah pulang kerja.

6. Lebih Banyak Masak di Rumah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memasak lebih banyak makanan di rumah memiliki kualitas pola makan yang lebih baik dan lebih sedikit lemak tubuh, daripada orang yang lebih banyak makan di luar rumah.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.