tips gym aman

Takut Terinfeksi Covid-19 saat Olahraga di Gym? Yuk Ikuti Tips Ini

Gym mungkin tampak seperti ladang ranjau dalam penyebaran virus corona.  Pasalnya, di gym tentu Anda akan melakukan kotak dengan beberapa orang, atau harus menyentuh peralatan yang Anda tak tahu apakah itu seratus persen steril atau tidak. Maka Sobat FIT perlu tau nih, tips gym aman saat olahraga di tengah merebaknya isu Covid-19.

Virus corona atau Covid-19, diyakini menyebar melalui tetesan kecil saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk, atau menyentuh permukaan yang kemudian mengenai Anda.  Di Indonesia sendiri, hingga Rabu (18/3/2020) jumlah orang terinfeksi corona mencapai 172 orang. Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mencatatkan wilayah persebaran Covid-19 hingga Minggu pagi ini tersebar di beberapa kota, yaitu: 1. Jakarta, Provinsi DKI Jakarta 2. Tangerang, Banten 3. Bandung, Jawa Barat 4. Solo, Jawa Tengah 5. Yogyakarta, DIY 6. Bali 7. Manado 8. Pontianak 9. dan beberapa tempat lagi yang saat ini sedang dilakukan contact tracing.

Fakta Berdasarkan Ahli


Mengingat semakin bertambahnya jumlah pasien corona, pemerintah di sekitar Jabodetabek mengambil berbagai kebijakan mulai dari
membatasi hingga menunda sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak orang atau keramaian.

Menghindari tempat keramaian mungkin dapat mengurangi risiko penularan Covid-19. Lantas jika seperti itu, apakah kita harus beristirahat untuk tidak pergi ke gym dan mengikuti kelas olahraga?

Dilansir dari CNBC, Aubree Gordon, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan menjelaskan, hal ini bergantung pada tempat dimana Anda tinggal.

Jika ada wabah COVID-19 di daerah Anda, pasti ada risiko tertular di gym, jadi mungkin ide terbaiknya ialah untuk tidak pergi ke gym, kata Gordon. Meski begitu, imbuh Gordon, Anda masih bisa untuk tetap pergi ke gym dengan mengambil langkah pencegahan yang normal dilakukan. 

“Misalnya dengan  mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air, tidak menyentuh wajah, menutupi batuk atau bersin dan tinggal di rumah ketika Anda sakit. Atau Anda bisa berolahraga di rumah,” jelasnya.

Gordon juga mengimbau untuk harus tetap berolahraga. Karena aktivitas fisik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Hal ini selaras dengan yang disarankan Michael Knight, asisten profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Layanan Kesehatan George Washington, kepada pasiennya untuk terus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

“Saya mendorong pasien saya untuk terus mendapatkan aktivitas fisik seperti olahraga ringan untuk menurunkan risiko mereka secara keseluruhan,” katanya.

Kenakan sarung tangan saat mengangkat beban

Centers for Disease Control mengatakan bahwa mengenakan masker tidak perlu dilakukan bagi kebanyakan orang. Gordon menyarankan untuk mengenakan sarung tangan kain selama Anda latihan.

Secara teknis, virus tidak menembus kulit, seseorang harus menyentuh selaput lendir yang akan berfungsi sebagai portal atau entri, seperti mata, hidung, atau mulut Anda untuk dapat terinfeksi. Debgan memakai sarung tangan, Anda dapat mencegah menyentuh titik-titik panas di wajah Anda. Anda masih harus mencuci tangan saat melepas sarung tangan.

“Orang-orang banyak menyentuh wajah mereka, dan mereka tidak sadar,” kata Gordon.

Bersihkan peralatan

Tidak selalu di kamar mandi atau ruang ganti, penelitian telah menunjukkan bahwa permukaan paling mungkin terjadi penyebaran virus ialah di fasilitas kebugaran berada di peralatan gym.

Banyak pusat kebugaran bersikap proaktif dengan menyediakan peralatan kebersihan dan disinfektan mengingat jumlah kasus COVID-19. Gordon menyarankan Anda untuk membersihkan peralatan, sebelum dan setelah menggunakannya.

Dan jika Anda lebih suka menggunakan handuk untuk menyeka keringat saat berolahraga, pastikan Anda memerhatikan dimana Anda menaruhnya. Jangan sampai Anda menaruh di tempat yang permukaannya terkontaminasi dengan virus.

Hindari olahraga di jam ramai 

Michael Knight menyarankan, cobalah rencanakan kunjungan gym Anda pada saat Anda tahu itu tidak akan ramai, jadi Anda tahu akan ada lebih sedikit orang yang menyentuh dan menggunakan peralatan.

Batasi sentuhan fisik, seperti jabat tangan saat berada di gym. Pastikan untuk mencuci tangan dengan benar saat Anda tiba dan sebelum meninggalkan gym.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.