tips diet slimming

Tips Lakukan Diet Slimming yang Aman untuk Tubuh

Masalah berat badan tidak lagi mencakup isu penampilan saja, tapi ada isu yang lebih penting di sini yaitu isu kesehatan. Mengingat obesitas banyak menjadi pemicu penyakit pada tubuh, terutama penyakit kardiovaskular seperti gangguan jantung, pernapasan, dan penyempitan pembuluh darah.

Jika pola pikir yang Anda miliki saat akan memulai diet slimming adalah untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar dengan berat yang ideal, maka berikut ini adalah tips diet slimming yang dapat dilakukan. Karena tips diet slimming ini adalah langkah-langkah sehat dan aman untuk dilakukan demi mendapatkan berat badan ideal.

Asupan serat yang cukup

Tips diet slimming ini akan diawali dengan menekankan manfaat makanan berserat pada proses penurunan berat badan dengan cara yang sehat serta aman. Tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan, dengan mengkonsumsi serat kita juga dapat mencegah berat badan naik untuk waktu yang lama.

Untuk memenuhi asupan serat yang cukup pastikan terdapat buah-buahan, sayur, serta kacang-kacangan dalam menu diet yang disantap sehari-hari. Makanan dengan kandungan serat tinggi ini akan memperlancar metabolisme serta memudahkan buang air besar.

Kurangi karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan yang dimaksudkan di sini adalah makanan yang sudah dimasak atau diolah sedemikian rupa sehingga menghilangkan nutrisi lain pada makanan tersebut. Beberapa jenis karbohidrat olahan tersebut seperti tepung, pasta, dan roti tawar.

Namun ini bukan berarti saat melakukan diet slimming perlu mengabaikan sama sekali asupan karbohidrat. Ini berarti memastikan karbohidrat yang dikonsumsi masih lengkap dengan nutrisi lainnya. Untuk itu sebagai pengganti, makanan seperti gandum, kentang, quinoa atau wortel. Jenis makanan ini jauh lebih bernutrisi dan membuat kenyang lebih lama.

Atur pola makan

Tips diet slimming dengan cara yang sehat dan aman adalah memastikan tubuh tidak kelaparan, karena diet bukan berarti tidak makan. Ini berarti tidak disarankan untuk menahan lapar terlalu lama. Maka penting untuk mengatur pola makan dengan menentukan jam makan dan rentang waktu untuk memberi kesempatan bagi tubuh mencerna makanan tersebut.

Ingat, menahan lapar justru mendorong keinginan untuk makan lebih banyak semakin tinggi. Sebaiknya makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Serta makanlah dengan porsi kecil. Dengan pola makan teratur, tubuh juga dapat dilatih untuk beradaptasi dengan porsi-porsi makan serta jam makan.

Perbanyak konsumsi air putih

Tidak sedang melakukan diet pun tetap disarankan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air putih sehari-hari. Apalagi sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Dengan konsumsi air putih tubuh akan merasa cepat kenyang dan dapat membantu mengurangi kebutuhan kalori tubuh. Air putih juga dapat membantu tubuh melakukan detox zat-zat beracun dengan aman, serta menjaga tubuh terus terhidrasi sepanjang hari. Alih-alih meminum ramuan pelangsing, sebaiknya perbanyak minum air putih.

Sarapan dengan protein

Tradisi memulai hari dengan sarapan makanan berasupan karbohidrat tinggi ini sebaiknya diganti. Tips diet slimming yang aman ini menganjurkan agar menu sarapan diganti dengan makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti daging, telur dan susu.

Dengan meningkatkan kandungan protein pada menu sarapan, rasa lapar dapat ditunda lebih lama, serta mengurangi nafsu makan. Namun tidak mengurangi energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Apalagi jika makanan diolah dengan cara yang sehat pula yakni tidak digoreng. Untuk menghindari kandungan minyak berlebih pada makanan.

Olahraga secara rutin

Ingat, melakukan diet sehat dengan menjaga menu makanan saja tidak cukup. Menyertakan olahraga dalam proses diet slimming juga penting. Karena aktivitas tubuh tidak hanya mengkonsumsi serta mencerna semua asupan sehat tersebut, tetapi juga aktif bergerak untuk memperlancar proses metabolisme dan pencernaan.

Tidak harus dengan melakukan jenis olahraga yang berat. Beberapa jenis olahraga ringan seperti jogging, lari jarak pendek, berenang atau senam juga dapat dilakukan. Termasuk olahraga berkelompok seperti bulutangkis, sepak bola atau basket. Saat berolahraga yang terpenting adalah durasi serta konsistensinya.

Setelah sukses melaksanakan tips diet slimming ini, bukan berarti Anda dapat kembali ke kebiasaan serta pola hidup tidak sehat yang lama. Justru pola hidup sehat yang dilakukan selama proses diet ini ingin melatih tubuh untuk terus melakukan aktivitas ini. Tidak hanya untuk menurunkan badan lagi, namun untuk menjaga tubuh yang telah mencapai berat badan ideal tetap bugar dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

 

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.