tips awal memulai gym

5 Tips Awal Memulai Gym Supaya Tubuh Tidak Cidera

Latihan fisik dan olahraga memang menjadi salah satu kegiatan yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Ketika Anda berolaharaga, pikiran akan lebih fresh dan tubuh pun terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti jantung dan pengeroposan tulang. Biasanya, banyak dari Anda yang memutuskan untuk pergi ke gym. Namun, jika Anda adalah pemula, ketahui dulu tips awal memulai gym. Hal ini dilakukan agar terhindar dari cidera dan Anda memilih latihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cek kondisi tubuh terlebih dahulu

Setiap Anda akan melakukan aktivitas atau latihan di gym, hal penting yang tidak boleh terlewat adalah cek kondisi tubuh dan kesehatan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah cedera yang dialami selama latihan. Pastikan kondisi tubuh Anda sedang sehat dan tidak ada masalah saat akan memulai latihan di gym.

Tips awal memulai gym dengan pengecekan kondisi tubuh ini juga dilakukan untuk mengevaluasi kebugaran dan kondisi tubuh terkini Anda. Jangan sampai, Anda memulai latihan di gym tanpa melakukan pengecekan di gym karena bisa saja latihan yang keras bisa membahayakan kondisi kesehatan. Sebaiknya, Anda mengunjungi profesional kesehatan atau dokter untuk memastikan kondisi kesehatan ini.

Lakukan peregangan ringan

Bila tips awal memulai gym yang pertama sudah lolos. Maka kini saatnya Anda memulai latihan fisik di gym. Pastikan juga Anda sudah mengetahui fasilitas dan latihan apa saja yang bisa dilakukan di gym yang Anda pilih. Sebaiknya, ketahui juga istilah-istilah yang sering digunakan di gym sebelum memulai latihan.

Jika semua hal di atas sudah dilakukan, Anda bisa memulai dengan peregangan ringan. Gabungkan peregangan ringan ini dengan pemanasan sebelum memulai sesi latihan agar risiko cedera bisa diminimalisir. Peregangan ringan ini juga sebagai persiapan otot tubuh sebelum memulai latihan yang sesungguhnya. Jika Anda langsung latihan berat tanpa peregangan, maka otot akan ‘kaget’ dan bisa menimbulkan cidera.

Mulai dari beban yang ringan

Selesai dengan peregangan ringan, kamu bisa mulai sesi latihan di gym dari beban yang paling ringan. Umumnya, pemula menggebu-gebu untuk mendapatkan perut sixpack atau otot lengan yang terbentuk sehingga langsung latihan dengan beban yang paling berat. Padahal, ini justru berbahaya bagi otot dan bisa menimbulkan cidera.

Jika Anda benar-benar pemula dalam urusan latihan di gym, jangan ragu untuk bertanya pada pelatih atau petugas di gym. Mereka akan dengan senang hati membimbing Anda menemukan latihan yang cocok bagi orang yang baru memulai.

Membuat variasi latihan

Tips awal memulai gym yang berikutnya adalah memvariasikan latihan yang Anda lakukan. Biasanya, para pemula terlalu fokus pada satu tujuan sehingga hanya melakukan satu latihan saja. Misalnya, ingin membentuk otot lengan dan dada sehingga latihan hanya difokuskan pada dua bagian tersebut.

Hal ini tidak baik dan justru menimbulkan kebosanan. Kombinasikan latihan Anda seperti resistensi, aerobik, keseimbangan, dan fleksibilitas.  Fokuskan juga latihan untuk seluruh anggota tubuh seperti otot lengan, dada, betis, bahu, perut, dan sebagainya.

Tahu kapan harus berhenti

Pemula yang baru pertama kali bergabung ke gym biasanya juga terlalu terobsesi dengan latihan yang berat supaya goal memiliki otot tubuh menonjol segera tercapai. Padahal, jika Anda pemula, melakukan latihan yang langsung berat adalah berbahaya. Berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Jangan pergi ke gym setelah hari. Dengan istirahat tubuh akan mengembalikan kekuatan dan menjaga performa latihan Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa melakukan latihan satu sampai dua hari seminggu dengan lama latihan 30 menit per hari. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat. Saat Anda sudah beberapa lama bergabung di gym, bisa meningkatkan latihan dua sampai tiga hari seminggu.

 

 

Tips awal memulai gym ini semoga bisa membantu Anda yang baru akan bergabung ke pusat latihan. Dengan menerapkan tips memulai gym, Anda bisa mencegah cedera yang membahayakn tubuh. Jika Anda belum menemukan tempat gym yang cocok dengan fasilitas lengkap, bisa coba kunjungi ReFit.

 

 

5/5 (2)

Please rate this