Tingkatkan Bisnis Anda, Ikuti 8 Cara Merancang Rencana Pemasaran Gym Tahunan Ini
Pemilik pusat kebugaran pasti punya berbagai cara untuk memasarkan bisnis mereka. Mulai dari iklan, promosi musiman, posting media sosial hingga papan reklame, semua dilakukan untuk menjaring pelanggan.
Namun, tak sedikit pemilik bisnis ini gagal merencanakan hal jangka panjang. Mereka membiarkan peluang terlewatkan begitu saja. Kesempatan mendapat penghasilan tambahan yang terlewat ini tentu membuat frustasi. Inilah alasan yang membuat rencana pemasaran tahunan itu menjadi sangat penting. Berikut 8 cara membuat rencana pemasaran tahunan yang dapat mendukung bisnis gym Anda.
Buat strategi pemasaran jangka panjang
Cobalah buat rencana pemasaran tahunan. Merancang rencana pemasaran satu tahun ke depan, dapat memastikan Anda lebih siap menghadapi hal tak terduga seperti penurunan pendapatan. Anda harus menyediakan waktu lebih awal untuk berdiskusi dengan staf, dan membagikan tugas agar semua dapat berjalan dengan produktif dan dapat dipertanggungjawabkan.
Seperti yang tertera dalam laman Gym Insight, “Rencana pemasaran yang baik adalah menargetkan siapa pembeli dan menetapkan layanan atau produk yang Anda tawarkan. Hal itu dapat menentukan proposisi penjualan Anda.” Dengan kata lain,ini bisa dijadikan modal untuk pengambilan keputusan yang baik ke depannya.
Tentukan tujuan
Untuk mengetahui kemana Anda ingin pergi, Anda perlu mencari tahu di mana posisi Anda berada saat ini. Rencana pemasaran yang komprehensif dapat dilakukan dengan menetapkan tujuan berdasarkan laporan keuangan terkini, layanan terkini, aktivitas pesaing, karakteristik pasar, serta saran dari karyawan.
Para ahli menyarankan, memilih tujuan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak bercabang. Maksudnya, arahkan fokus tujuan pada sesuatu yang berdampak besar. Kemudian, tetapkan ekspektasi kinerja pada satu area spesifik. Terakhir, dorong sumber daya ke arah tersebut untuk melihat perubahan yang mengarah ke tujuan.
Tentukan umpan sasaran
Setelah Anda mengetahui satu atau dua pencapaian utama yang ingin Anda fokuskan, misalkan menambah pusat ritel, mengadakan kelas virtual berbayar, sertifikasi pelatih, dll, maka Anda bisa menetapkan sesuatu yang lebih konkrit dan terukur untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dari awal.
Identifikasi sifat pelanggan
Sebelum memutuskan strategi atau alat apa yang harus digunakan dalam rencana pemasaran, Anda perlu mengetahui siapa yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan Anda. Cobalah identifikasi pelanggan yang ada dan calon pelanggan yang ideal. Pelajari demografi, tantangan, aspirasi, dan motivasi mereka, kemudian rumuskan ide yang sesuai dengan minat mereka. Gambaran yang muncul ini akan membantu Anda membangun kampanye yang sesuai dengan nilai gym Anda.
Manfaatkan aset dan ekspos pesaing Anda
Dalam membuat rencana pemasaran, Anda perlu memanfaatkan aset Anda yang dinilai lebih baik dari pesaing. Misalkan, Misalkan menjadi klub dengan pelatih tersertifikasi, memiliki reputasi baik, dan memiliki kelas yang menarik. Intinya, gym Anda perlu melakukan sesuatu yang lebih baik dan berbeda dari pesaing Anda.
Selain itu, setiap rencana pemasaran memaksa tangan pemiliknya untuk menggali kekuatan bisnis, tantangan pasar, hingga kesuksesan dan kelemahan dari pesaing. Dengan begitu, Anda bisa mendapat kekuatan bisnis dan menyerap pengetahuan yang dibutuhkan.
Tetap pada kinerja dan anggaran
Berapa banyak yang dapat Anda investasikan akan menentukan alat promosi Anda. Baik itu gratis, murah, atau mahal. Mendelegasikan waktu untuk pemasaran setiap minggu dapat memastikan pekerjaan selesai pada waktunya dan mencapai tujuan. Namun balik lagi, ini bergantung pada ukuran gym Anda, di sinilah Anda perlu menetapkan tugas dan menyampaikan harapan kepada karyawan.
Permudah jalur pembelian produk bisnis Anda
Bagaimana Anda akan menghasilkan uang dari semua ini? Tujuan yang kuat dapat mempertajam keterampilan penjualan karyawan. Selain itu, Anda perlu memanfaatkan jalur online untuk mempermudah penjualan produk bisnis Anda. Dengan kata lain, produk Anda dapat mudah dijangkau, baik menggunakan situs atau aplikasi. Pendaftaran di situs tertentu dapat memperkuat kampanye brand Anda.
Kerahkan waktu untuk merencanakan demi keberhasilan bisnis
Menjalankan bisnis gym tentu menghabiskan waktu. Sehingga pemilik gym terkadang tidak melakukan perencanaan mendasar seperti pemasaran. Dengan meluangkan waktu untuk memeriksa dan mendokumentasikan strategi tahunan Anda, Anda dapat mengambil kendali dan mengarahkan gym Anda secara efektif ke masa depan.