Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Yoga dan Pilates!

Pilates dan yoga merupakan dua olah tubuh yang sering sekali disamakan oleh sebagian orang. Padahal, pilates dan yoga memiliki ciri yang berbeda satu sama lain. Secara garis besar, perbedaan pilates dan yoga terletak pada tujuan akhirnya. Pilates dilakukan untuk menempa stamina tubuh sedangkan yoga merupakan latihan pada fleksibilitas, meditasi, dan pengelolaan stres.  Nah, agar kamu tahu lebih jauh apa perbedaan pilates dan yoga, Yuk , simak 5 bedanya pilates dan yoga di bawah ini!

Keduanya punya sejarah yang berbeda

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga!Perbedaan pilates dan yoga yang pertama terletak pada sejarah dan asal-usul keduanya. Pilates merupakan kegiatan fisik yang dikemukakan oleh Joseph Pilates pada tahun 1952, oleh sebab itu olah tubuh ini dikenal dengan nama belakang pengemukanya, yaitu pilates. Pilates dikenalkan dengan tujuan untuk memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan bagi tubuh, dan memperbaiki postur tubuh (khususnya tulang belakang)

Yoga merupakan latihan olah tubuh yang lahir dari tradisi India dan sudah ada lebih dari 5.000 tahun yang lalu, lho! Selain itu, yoga dikenalkan dengan tujuan untuk menyelaraskan kesadaran individu dengan kesadaran universal lainnya. Yoga juga menjadi latihan yang bisa menghubungkan postur, nafas, meditasi dan tentunya itu sangat berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, emosi, sekaligus spiritual!

Alat bantu yang digunakan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga!Perbedaan pilates dan yoga kedua terletak pada alat bantu yang digunakan saat latihan olah tubuh masing-masing. Pilates biasanya lebih menggunakan matras. Selain itu, pilates juga dikenal dengan penggunaan alat bantu berupa bola, tali, dan alat khusus pilates pada setiap sesinya. Alat bantu ini memiliki peran untuk meningkatkan kekuatan core dan juga memperbaiki postur tubuh.

Yoga merupakan latihan olah tubuh yang juga menggunakan matras. Namun, penggunaan alat bantu seperti bola, tali dan alat lainnya akan sangat jarang digunakan. Hal ini dikarenakan yoga hanya mengandalkan koordinasi antara gerak, beban tubuh, dan kekuatan otot.

Teknik dan jalur pernapasan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga!Perbedaan pilates dan yoga yang ketiga ialah pada teknik dan jalur pernapasan yang digunakan. Pilates merupakan olah tubuh yang lebih banyak menggunakan napas melalui hidung dan menghembuskannya lewat mulut sehingga latihan ini dianggap lebih rileks dibandingkan dengan yoga.

Sedangkan yoga, memiliki sisi lain, yaitu hanya fokus pada energi yang ada di dalam tubuh. Dalam yoga, akan ada cara mengambil dan mengeluarkan napas melalui hidung sambil melakukan berbagai pose. Teknik ini dinamakan dengan napas ujjayi. Hal ini dikarenakan, yoga terfokus pada pengaturan nafas perut yang memerlukan jalur pernapasan melalui hidung.

Metode latihan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga!Perbedaan pilates dan yoga yang keempat ialah metode latihan yang digunakan. Pilates lebih banyak menggunakan mesin tertentu yang bertujuan untuk memanaskan otot dan menjaga keseimbangan tubuh. Menggunakan alat dan mesin merupakan salah satu metode latihan yang ada pada pilates.

Untuk yoga sendiri, biasanya menggunakan metode latihan yang jarang memakai mesin ataupun alat. Hal ini dikarenakan metode latihan yoga hanya terfokus pada penyempurnaan asana. Selain itu, setiap kelas yoga akan disertai dengan savasana dan meditasi sebagai bagian dari metode latihan.

Manfaat spiritual yang berbeda

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Mendasar Pilates dan Yoga!Perbedaan pilates dan yoga yang kelima terletak pada manfaat fisikal dan spiritual yang bisa dirasakan setelah melakukan masing-masing. Pilates, dalam manfaat spiritual, mengandalkan dua elemen yaitu pikiran dan tubuh yang membuat keduanya menjadi lebih rileks untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Manfaat spiritual yang dihadirkan oleh yoga adalah padu padan elemen yang terfokus pada ketenangan batin dengan meditasi. Yoga menghubungkan tiga elemen yaitu pikiran, tubuh, dan roh sehingga fokus spiritual yang diberikan akan lebih luas cakupannya.

Setelah membaca sampai akhir, kini kamu tahu kan perbedaan keduanya? Dengan mengetahui perbedaan pilates dan yoga, kamu bisa lebih bijak dan mudah memilih olah tubuh mana yang cocok untuk diri kamu! Yuk, segera kunjungi ReFIT terdekat untuk mengikuti kelas-kelas tersebut!