senam kardio menurunkan berat badan

5 Latihan Senam Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

Anda sedang rutin melakukan senam kardio untuk menurunkan berat badan? Perlu diketahui bahwa agar berat badan turun lebih cepat, National Institutes of Health di Amerika Serikat menyarankan agar senam kardio setidaknya dilakukan sebanyak 3 sampai 5 kali dalam satu minggu. Dengan durasi senam kardio yang paling efektif adalah sekitar 45 menit. Nah, tidak ada salahnya agar Anda mencoba lima gerakan senam kardio berikut ini agar berat badan dapat berkurang lebih cepat.

Steps aerobik

Gerakan senam kardio menurunkan berat badan yang paling mudah dilakukan adalah steps aerobik. Secara sederhana ini adalah gerakan melompat dengan memanfaatkan platform sebagai pijakan yang tingginya bervariasi, antara 10 hingga 30 sentimeter. Steps aerobik sangat baik untuk membakar kalori hingga 800kal/jam. Artinya, hanya dengan melakukan gerakan ini selama 30 menit di pagi dan sore hari, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan berat badan yang ideal dengan postur tubuh yang tetap kencang.

Skaters

Selain melakukan gerakan steps aerobik, Anda juga bisa mencoba gerakan skaters sebagai salah satu varian senam kardio untuk menurunkan berat badan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berdiri pada posisi kedua kaki dibuka selebar pinggul. Kemudian lompatlah ke kanan dengan pendaratan ringan pada tumit kaki kanan. Ayunkan kaki kiri di belakang kaki kanan. Lalu, lanjutkan dengan melompat dengan kaki kiri sehingga memungkinkan kaki kanan terseret ke belakang kaki kiri. Ulangi dengan bergantian sisi selama kurang lebih satu menit.

Jumping lunges

Tenang saja, masih ada banyak gerakan senam kardio menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan, termasuk jumping lunges. Persis seperti namanya, gerakan ini akan melibatkan lompatan dengan posisi dada dan dagu terangkat sambil mengencangkan otot perut. Melompatlah dengan posisi kaki kanan ke depan, kemudian benamkan tubuh bagian atas dalam posisi tegak lurus, sehingga lutut kanan berada sejajar dengan paha. Biarkan lutut kiri ‘melayang’ dengan menghadap ke arah lantai. Lakukan lompatan dengan menganti posisi kaki di sisi lainnya.

Mountain climber twist

Selanjutnya, gerakan senam kardio menurunkan berat badan bisa dilanjutkan dengan mountain climber twist. Untuk memulai posisi ini Anda bisa meregangkan kaki lurus di atas permukaan tanah, lalu posisikan kedua tangan bertumbu pada tanah juga dengan teregang lurus. Kencangkan otot perut, tarik dan buang nafas secara perlahan. Kemudian, tekuk lutut kiri dan silangkan ke arah kanan hampir menyentuh siku kanan. Ulangi pada sisi lainnya dan lakukan bergantian tanpa mengangkat pinggul Anda.

Tuck jump

Satu lagi gerakan senam kardio menurunkan berat badan untuk Anda coba, yaitu tuck jump. Mulailah berdiri dengan lutut yang sedikit ditekuk. Kemudian, melompatlah sambil mengangkat lutut ke arah dada. Pada posisi tersebut, rentangkan tangan lurus di depan dada. Turunkan lengan selagi kaki Anda melakukan pendaratan ringan di lantai. Lakukan gerakan tuck jump ini selama kurang lebih satu menit. Sebagai manfaatnya Anda bisa mendapatkan perut, paha, dan betis yang kencang dengan berat badan yang jauh lebih ideal.

Itulah tadi beberapa gerakan latihan senam kardio menurunkan badan secara efektif. Dengan melakukannya secara rutin, bukan tidak mungkin Anda mampu mendapatkan berat badan ideal. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya cedera, sebagai pemula sebaiknya Anda berlatih senam kardio dengan instruktur yang profesional dan berpengalaman.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.