bisnis tempat gym

Seluk Beluk Bisnis Tempat Gym dan Berbagai Macam Keuntungannya

Saat berencana untuk membangun bisnis baru, bisnis pusat kebugaran jarang terlintas di pikiran. Biasanya, orang-orang menilai bisnis gym sebagai bisnis yang penuh kompetitor, kurang menguntungkan, dan bermodal fantastis. Padahal, faktanya tidak demikian. Jika Anda melihat sekitar, pasti sebagian besar kerabat dan keluarga Anda memiliki keanggotaan gym. Jika Anda senang berolahraga dan sedang mencari ide bisnis baru, selidiki dulu seluk beluk bisnis tempat gym berikut ini. 

Rincian modal yang dibutuhkan

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis pusat kebugaran maka tentunya harus terlebih dahulu melakukan kalkulasi modal bisnis yang diperlukan. Untuk bisa memiliki bisnis pusat kebugaran yang operasional, Anda membutuhkan setidaknya modal sebesar Rp1 miliar hingga Rp2 miliar. 

Jika dirinci lebih lanjut, Rp1,2 miliar dari modal digunakan untuk membeli peralatan fitness, Rp400 juta untuk konstruksi usaha tempat gym, dan sisanya untuk kebutuhan lain seperti sistem CCTV, branding, dan sebagainya. 

Tips sukses mulai bisnis tempat gym

Modal untuk membuka bisnis tempat gym memang terbilang sangat besar. Maka dari itu, sebaiknya sebelum Anda mantap membuka bisnis gym, simak dulu beberapa tips kunci agar usaha tempat gym Anda bisa sukses beroperasi. 

  1. Tentukan segmentasi pasar

Bisnis gym memiliki beberapa segmentasi pasar, mulai dari menengah ke bawah, menengah ke atas, hingga premium. Anda perlu menetapkan segmentasi pasar yang ingin dituju karena akan sangat berpengaruh terhadap lokasi gym, alokasi modal, serta biaya keanggotaan gym

Apabila Anda menetapkan segmentasi pasar menengah ke bawah, maka pastikan bahwa pengeluaran seperti listrik, sewa tempat, dan SDM bisa ditekan sepenuhnya agar biaya keanggotaan bisa lebih terjangkau. 

  1. Cari tempat yang cukup luas

Mengingat kegiatan olahraga membutuhkan ruang yang cukup luas supaya bisa leluasa bergerak, belum lagi kebutuhan usaha tempat gym untuk bisa menampung banyak member gym dalam satu tempat, maka tidak heran kalau Anda memerlukan tempat yang cukup luas sebagai lokasi gym tersebut. 

Sebagai permulaan, ada baiknya Anda membuka bisnis gym dengan luas sekitar 300 meter persegi. Pastikan juga lokasi tersebut memiliki tempat parkir yang cukup serta aksesibilitas yang baik. 

  1. Rajin menciptakan inovasi baru

Usaha tempat gym memang menguntungkan, namun ada banyak sekali kompetitor yang harus Anda hadapi. Supaya bisnis tempat gym bisa terus unggul dan relevan, Anda harus rajin memutar otak untuk menciptakan inovasi baru. 

Cara-cara yang bisa Anda coba antara lain pemasaran lewat media sosial, paket promo untuk member baru, kelas olahraga online, serta event seru yang bisa diikuti secara gratis oleh para member maupun non-member dengan tambahan biaya. 

  1. Produk dan layanan yang variatif

Selain inovasi-inovasi perihal pemasaran, Anda juga harus berani untuk menghadirkan produk dan layanan yang variatif. Maksudnya adalah fasilitas, produk, peralatan olahraga, serta program olahraga yang mampu diikuti oleh setiap member gym. Mulai dari kelas zumba, angkat beban, pilates, TRX, dan lain-lain bisa jadi opsi awal Anda. 

Keuntungan buka bisnis tempat gym

Setelah belajar lebih lanjut soal bisnis pusat kebugaran, mari cari tahu apa saja keuntungan yang bisa Anda dapat dengan membuka bisnis tempat gym, Berikut di antaranya.

  1. Pangsa pasar yang besar dan terus meningkat

Tren gaya hidup sehat semakin mencuat, terutama dengan hadirnya pandemi. Semakin banyak orang berkeinginan untuk melatih tubuh mereka, entah itu demi kebugaran ataupun demi meraih bentuk tubuh yang ideal.

Hebatnya lagi, bisnis tempat gym ini bisa merambah berbagai lapisan masyarakat, mulai dari muda hingga tua, pria maupun perempuan. Kebutuhan akan tempat gym yang trendi dengan peralatan olahraga mumpuni dan biaya keanggotaan yang terjangkau akan terus meningkat. 

  1. Bentuk investasi yang berpeluang besar

Bisnis gym berpotensi untuk mendatangkan keuntungan hingga Rp80 juta per bulan. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa bisnis tempat gym ini bisa dijadikan investasi dengan return of investment (ROI) selama 3 hingga 6 tahun lamanya, dengan catatan tempat gym Anda menetapkan biaya keanggotaan sekitar Rp300 ribu dan berhasil memiliki 400 member aktif. Cukup menggiurkan, bukan?

  1. Model bisnis franchise yang memudahkan Anda

Tidak perlu khawatir harus membangun bisnis tempat gym dari awal. Kini, Anda diberikan opsi membuka bisnis gym dengan model bisnis franchise dari ReFIT. Apa saja kelebihannya? Anda hanya perlu menyiapkan modal. Semua hal mulai dari persiapan pembukaan, karyawan, trainer profesional, hingga pengelolaan akan dikerjakan oleh tim pusat ReFIT. Tertarik untuk membuka franchise ReFIT sebagai bisnis gym Anda? Klik di sini untuk informasi selanjutnya.

No ratings yet.

Please rate this

Sebagai pendiri dan CEO ReFIT Indonesia, Irawan Amanko berhasil melebarkan sayap ReFIT Club dan mendukung pola hidup sehat masyarakat Indonesia dengan 7 cabang ReFIT yang sudah didirikan. Irawan berkomitmen untuk mengembangkan industri fitness di Indonesia dalam menggerakkan semua lapisan masyarakat agar menjalankan gaya hidup yang sehat dan benar.

Leave a Comment.