sejarah senam aerobik

Sejarah Senam Aerobik dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Senam aerobik adalah senam yang ditujukan untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang termasuk dalam olahraga preventif dan dilakukan secara massal. Senam aerobik melibatkan kemampuan dalam melakukan gerakan secara kompleks dan continues alias berlanjut dan memiliki pola gerakan dengan intensitas yang tinggi.

Gerakan senam aerobik akan memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya dengan lebih banyak oksigen yang masuk dalam tubuh dengan waktu senam yang lebih panjang. Senam aerobik dapat meningkatkan detak jantung dengan gerakan yang teratur dan mengikuti konsep ritme musik dalam durasi tertentu.

Sejarah Aerobik

Untuk mengenal senam aerobik, mari kita mengetahui lebih jauh mengenai sejarah aerobik. Senam aerobik berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Senam aerobik masuk ke negara Indonesia 10 tahun kemudian yaitu pada tahun 1980-an. Senam aerobik di Indonesia dijadikan kegiatan kebugaran dan rekreasi dan muncul pada banyak event dan acara seiring waktu. Pada waktu awal masuknya senam aerobik, kegiatan ini masih disebut dengan fit aerobics.

Kepopuleran senam aerobik yang meningkat, menjadikan kategori ini menjadikan kegiatan senam aerobik terdiri dari trio, berpasangan, dan individu putra dan putri dalam acara nasional maupun internasional. Pada tahun 1995 senam aerobik telah diakui Federation International Gymnastique dengan kejuaraan olahraga aerobik pertama di Paris.

Setelah itu, di Indonesia dibentuk Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) untuk membina atlet yang akan mengikuti perlombaan senam aerobik. Lalu, pada tahun 2000, senam aerobik diakui dan masuk dalam PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Kota Surabaya. Kemudian, pada tahun 2005, nama sports aerobics berubah nama menjadi aerobics gymnastic yang terdiri dari pertandingan single, couple trio, dan group.

Senam aerobik terdiri dari beberapa jenis yaitu high impact aerobics dengan aliran gerakan keras, low impact aerobics dengan aliran gerakan ringan, discorobic yaitu kombinasi gerakan aerobik aliran keras dan aliran ringan, rockrobic yaitu senam aerobic ringan dengan gerakan rock n roll, aerobic sport yang memadukan beberapa gerakan keras, ringan dan kelentukan, aerobic dance yaitu senam dengan bentuk tarian indah, dan aerobic menggunakan alat seperti bangku, kursi, tongkat, pita, tali, atau bola.

Senam aerobic memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam aerobik yang wajib Anda ketahui. Simak ya!

Otot Tubuh jadi Lebih Kuat

Manfaat senam aerobik yang bisa Anda dapatkan dengan rutin melakukannya adalah otot tubuh jadi lebih kuat. Dengan otot yang lebih kuat ini, Anda akan tidak mudah lelah dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Menguatkan Daya Tubuh dan Jantung

Senam aerobik juga termasuk kegiatan berolahraga. Seperti kegiatan olahraga lainnya, senam aerobik memberikan manfaat berupa daya tubuh yang lebih kuat karena irama dari denyut jantung akan melancarkan aliran darah tubuh. Selain itu, manfaat lainnya bagi tubuh adalah daya tahan jantung yang lebih kuat sehingga jantung lebih sehat.

Menurunkan Berat Badan

Selayaknya kegiatan olahraga lainnya, manfaat lain dari senam aerobik adalah berat badan yang menurun. Hal ini dikarenakan tubuh membakar lebih banyak kalori sehingga lemak tubuh akan terbakar.

Tubuh Lebih Lentur

Senam aerobik yang melibatkan gerakan dengan berbagai intensitas, tubuh kan lebih lentur karena otot-otot persendian yang semakin berkembang. Dengan tubuh yang semakin lentur, kekuatan tubuh jadi semakin meningkat pula.

Tubuh Lebih Kebal

Senam aerobik akan memberikan manfaat berupa kekebalan tubuh yang lebih baik dan bisa tahan terhadap penyakit menular atau akibat virus dan bakteri. Selain menjalankan senam aerobik, Anda juga wajib menyeimbanginya dengan makan sehat dan minum air putih yang cukup agar kekebalan tubuh semakin baik.

 Itulah sejarah senam aerobik beserta manfaatnya. Dengan rajin melakukan senam aerobik, tubuh Anda akan lebih fit, bugar, dan sehat. Selain itu, senam aerobik relatif mudah dilakukan sehingga bisa Anda jadikan pilihan untuk berolahraga secara rutin, yuk gabung kelas senam Aerobik di ReFIT untuk hidup yang lebih sehat.

3.67/5 (3)

Please rate this