sakit kepala setelah olahraga

Pernahkah Merasa Sakit Kepala Setelah Berolahraga? Ini Penjelasannya!

Tak sedikit dari kita yang sering merasa pusing atau sakit kepala setelah olahraga. Pernahkah Sobat FIT merasakah hal tersebut? Jika pernah, Anda tidak sendirian.

Berdasarkan survei National Headache Foundation menyatakan, sekitar 45 juta orang di Amerika Serikat menderita sakit kepala kronis, termasuk migrain, dan yang mengejutkan, sebanyak 70 persen dari mereka merasakan sakit kepala saat berolahraga.

Orang yang jarang melakukan olahraga atau tidak aktif secara fisik akan setengah kali lebih mungkin untuk merasa pusing saat berolahraga ketimbang mereka yang rutin berolahraga

Co-direktur Diamond Headache Clinic di Chicago, Merle Diamond, M.D., menerangkan “Sebagian besar sakit kepala timbul ketika pembuluh darah di sekitar otak meradang, yang meregangkan saraf di dalam dan mengirimkan gelombang kejut rasa sakit”.

Penanganan sakit kepala yang dirasakan tentunya harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Pernapasan tidak teratur

Seseorang yang merasa pusing saat latihan bisa disebabkan karena pernapasan yang tidak teratur. Michael Esco, Ph.D., asisten profesor ilmu olahraga di Auburn University di Montgomery, menyarankan  untuk Anda lebih mengatur pola pernapasan ketika latihan.

“Anda perlu memaksimalkan aliran oksigen ke otot-otot selama latihan kekuatan. Hembuskan napas ketika mengangkat dan menghirup udara ketika Anda menurunkan beban,” katanya, dikutip dari Shape.

Kekuatan otot yang lemah

Selain karena pola pernapasan yang tidak tepat, kekuatan otot yang belum stabil dapat memicu sakit kepala.

“Ketika otot bekerja di luar kemampuan mereka, otot yang lemah menjadi kejang, dan kejang itulah yang dapat memicu sakit kepala,” jelas Michael Esco.

Sakit kepala karena hal ini biasanya menyerang mereka yang baru memulai latihan untuk membangun kekuatan dan stabilitas otot. Anda juga disarankan untuk melatih otot di sekitar leher untuk mengurangi kemungkinan munculnya sakit kepala.

Dehidrasi

Terakhir, alasan seseorang dapat terserang sakit kepala saat olahraga karena dehidrasi.

Seorang ahli saraf, Alexander Mauskop, M.D., menegaskan kurangnya air dalam tubuh dapat menurunkan tekanan di dalam arteri yang memasok darah ke lapisan di sekitar otak. “Hal inilah yang merangsang rasa sakit pada kepala,” imbuhnya.

Jadi pastikan Anda minum cukup air sebelum olahraga ya Sobat FIT.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.