pola makan sehat bergizi seimbang

Ingin Hidup Lebih Bugar? Ikuti 5 Panduan Pola Makan Sehat Bergizi Seimbang

Pola makan sehat sangat berdampak pada kebugaran tubuh Anda. Lebih dari itu, dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan porsi yang tepat, bukan tidak mungkin Anda juga bisa menjaga berat badan tetap ideal dan bugar meski tanpa diet ketat. Tentu saja, penerapan pola makan sehat bergizi seimbang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Beruntung ReFIT sudah merangkumkan panduan pola makan yang baik dan benar berdasarkan anjuran dokter dan pakar gizi. Seperti apa? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

 

Inilah Pola Makan Sehat yang Bisa Anda Ikuti

Makan adalah hal yang sangat penting, makanan inilah yang akan bisa membantu Anda untuk mendapatkan energi dalam beraktifitas sehari-hari. Namun sayangnya banyak yang salah kaprah, ada yang menghindari makan untuk menurunkan berat badan. Cara ini sedikit kurang efektif. Akan lebih baik jika Anda mengatur pola makan sehat.

Dalam usaha untuk mendapatkan kebugaran tubuh dan membentuk otot, selain dengan mengunjungi gym, diperlukan asupan gizi seimbang dari berbagai jenis makanan, mulai dari asupan protein, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, karbohidrat, sayuran, dan masih banyak lagi. Dengan mengatur pola makan dan berolahraga, maka Anda akan bisa menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan. Dibawah ini adalah beberapa cara lainnya untuk mengatur pola makan sehat Anda.

 

Nutrisi Wajib dalam Menu Pola Makan Sehat Anda

Karbohidrat, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral, serta air putih adalah asupan nutrisi yang wajib Anda konsumsi setiap harinya. Mengapa?

Karbohidrat

Dengan energi, maka kita bisa beraktifitas sehari-hari. Salah satu sumber energi utama adalah dari karbohidrat. Ini bisa berasal dari berbagai macam makanan seperti nasi atau roti. Jika ingin membentuk pola makan yang sehat, Anda bisa memilih roti gandum atau nasi merah.

Protein

Protein yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, dan juga sebagai sumber energi lainnya. Protein bisa Anda dapatkan dari telur, ikan, daging, atau makanan yang terbuat dari kacang-kacangan.

Lemak

Tubuh juga butuh asupan lemak dalam proses menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, membantu meningkatkan imun, dan membantu menyerap vitamin.

Vitamin dan mineral

Vitamin yang dibutuhkan oleh manusia adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan , antara lain adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium. Keduanya akan sangat memabantu tubuh dalam menjalankan berbagai proses.

Air

Fungsi utama air adalah untuk bisa menghidrasi tubuh. Selain dari air minum, Anda bisa mendapat cairan dari makanan seperti buah dan sayuran.

Nah kini saatnya kita mengetahui beberapa cara dalam menjaga pola makan sehat.

 

Jangan lewatkan sarapan pagi!

Sering kali karena alasan kesibukan pekerjaan Anda jadi melewatkan sarapan pagi dan langsung menuju makan siang. Padahal, dengan meluangkan waktu untuk sarapan pagi, Anda bisa menekan rasa lapar yang berlebihan di sepanjang hari. Di sisi lain, asupan nutrisi yang diperoleh tubuh dari sarapan dapat memenuhi energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Artinya, Anda dapat bekerja lebih bersemangat dan penuh konsentrasi sepanjang hari dengan mengonsumsi makanan bergizi di pagi hari.

 

Cukupi kebutuhan air dalam tubuh

Pola makan sehat bergizi dan seimbang juga harus disertai dengan pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh. Setidaknya Anda diwajibkan untuk minum sebanyak 1 liter atau sekitar 8 gelas air putih dalam sehari. Air putih merupakan minuman menyehatkan yang dapat membantu Anda tetap bugar dan fit. Selain itu, air putih juga mampu membersihkan racun-racun di dalam tubuh. Namun demikian, sebaiknya hindari minum air putih secara langsung setelah makan karena hal ini dapat mengurangi efektivitas penyerapan gizi pada makanan yang dikonsumsi.

 

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Lengkapi pola makan Anda dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Keduanya menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Di samping itu, kedua bahan makanan ini juga mampu memberi asupan serat yang baik sehingga menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah, maka Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari konstipasi. Secara tidak langsung berat badan tubuh tetap terjaga ideal, bukan?

 

Pilih sumber lemak yang baik

Seperti yang sudah disampaikan di atas, siapa bilang mengonsumsi makanan berlemak hanya akan menambah berat tubuh Anda? Faktanya, dengan konsumsi bahan-bahan makanan berlemak dalam pola makan sehat Anda justru akan menutrisi otak, kulit, jantung, dan sel-sel tubuh lainnya. Lemak baik dalam hal ini yaitu Omega-3 jenis DHA atau EPA yang bisa diperoleh dari ikan salmon, makarel, teri, maupun sarden. Tidak hanya terbatas pada bahan makanan laut, lemak yang baik juga terdapat pada aneka kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun.

 

Penuhi kebutuhan kalisum dalam tubuh

Pola Makan Sehat

Untuk melengkapi pola makan sehat, Anda juga membutuhkan asupan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium tidak hanya diperoleh dari susu maupun beragam olahannya. Anda juga bisa konsumsi beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, kale, dan sawi yang juga tinggi kalsium. Camilan menyehatkan seperti kacang polong, kacang merah, maupun kacang pinto juga bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan kalsium yang baik untuk tubuh.

Menjaga pola makan sehat dengan baik bisa dilakukan dengan cara-cara di atas. Namun, pastikan juga bahwa Anda berhenti memakan atau mengurangi junk food, minuman bersoda, atau gorengan yang justru akan memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh. Batasi juga minum minuman dengan pemanis serta makanan yang tinggi garam dan MSG dalam usaha membangun pola makan yang sehat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih bugar dengan berat badan yang ideal dan menjaga gula darah Anda juga. Selamat mencoba!

No ratings yet.

Please rate this