pola gym sehat

Terapkan 7 Tips Ini untuk Membentuk Pola Gym Sehat

Kini banyak orang yang mulai menyadari pentingnya pola hidup sehat. Ini pula yang menjadi alasan gym kian digemari. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana menerapkan pola gym yang sehat. Meski terlihat sepele, namun jika pengetahuan mendasar diabaikan alih-alih Anda mendapatkan sehat, justru sebaliknya akan mendapatkan cedera. Maka dari itu, terapkan 7 tips berikut ini untuk membentuk pola gym sehat.

Mencari pengetahuan mendasar tentang Gym

Sebelum Anda memulai gym. Ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk menunjang pengetahuan tentang cara berolahraga yang sehat. Di jaman serba mudah ini, Anda dapat dengan mudah mengakses artikel-artikel yang bertebaran di internet, atau melalui video-video yang dibuat oleh para inluencer di Youtube.

Beberapa influencer laki-laki dan maupun perempuan yang bisa Anda ikuti, antara lain seperti Maria Vania, Vani Novia, Jansen Ongko, Dedy Corbuzier, Halim Tsiang, Chef Edwin, sampai Ade Rai. Mereka sering berbagi pengetahuan tentang pola hidup sehat, fitness atau gym di media sosial atau channel youtube mereka. Para pemula tentunya seringkali merasa bingung harus melakukan apa saja, maka mengikuti para influencer ini adalah solusi paling mudah untuk Anda. Jadi, Anda seolah memiliki guru.

Membuat jadwal latihan yang proporsional

Setelah pengetahuan mendasar tentang gym dirasa cukup, mulailah membuat jadwal latihan. Buatlah jadwal latihan yang proporsional. Artinya, jadwal latihan disesuaikan dengan kesibukan Anda sehari-hari. Untuk pemula, disarankan cukup 4 kali berlatih dalam seminggu. Setelah rutin selama 3 bulan, Anda bisa meningkatkan intensitas latihan sampai 5 atau 6 kali.

Untuk contoh jadwal, Anda bisa dengan pola seperti, Senin latihan untuk dada, perut atas, dan triceps. Rabu Anda berlatih untuk punggung, perut bawah. dan biceps. Jumat latihan dikhususkan untuk kaki, perut samping, dan bahu. Sabtu Anda berlatih kembali untuk dada dan perut secara keseluruhan. Belajarlah disiplin untuk menjalani jadwal yang telah Anda buat sendiri.

Membuat target capaian yang realistis

Jadwal dibuat tentunya untuk mencapai sebuah target. Tapi untuk Anda yang pemula, perlu diingat bahwa tujuan utama gym dilakukan adalah agar badan sehat dan bugar. Ada pun bentuk tubuh yang didapat nantinya adalah bonusnya. Jadi tentukan target capaian yang realistis saja ya. Artinya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka target yang realistis adalah Anda dapat turun 1-1,5 kg tiap minggunya. Bukan turun 3-4 kg dalam seminggu. Untuk Anda yang berkeinginan menambah massa otot, maka massa otot bertambah 400 gram dalam waktu satu minggu itu sudah sangat baik. Namun ukuran ini tentunya akan berbeda-beda tiap orangnya ya!

Menjaga pola makan

Ya, menjaga pola makan dan asupan nutrisinya adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari gym. Gym dengan sekeras dan sedisiplin apapun, akan sia-sia bila Anda mengabaikan pola makan dan asupan nutrisi Anda.

Aturan pola makan utama biasanya “rendah lemak, karbohidrat sedang, protein yang tinggi”. Kurangi makanan dengan kadar gula tinggi dan berlemak. Utamakan makanan berprotein tinggi, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Apabila Anda merasa tidak nyaman atau terbebani dengan pola makan seperti itu, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi yang akan membantu Anda menjalani program diet dengan membuatkan rencana atau jadwal makanan sehat.

Mengonsumsi suplemen?

Bagi para pemula, yang satu ini seringkali dianggap sesuatu yang bisa mempercepat mencapai goals. Perlu diingat bahwa suplemen adalah asupan tambahan makanan. Maka, yang paling utama adalah disiplin dalam latihan serta mengatur pola makan sehat Anda. Setelah Anda nyaman dengan dua hal tersebut maka suplemen bisa dikonsumsi sebagai pelengkap.

Selalu disiplin dan sabar

Gym membutuhkan proses yang tidak sebentar, karena hal ini sangat sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Disiplin dalam menjalankan jadwal dan sabar menjalaninya adalah kuncinya. Jika dalam sepekan Anda belum mendapatkan perubahan yang begitu berarti, Anda harus sabar sebab tidak sesuatu yang instan, begitupun saat berolahraga.

Memaksimalkan home workout

Poin yang terakhir ini juga cukup penting di luar porsi latihan utama. Dalam sela-sela waktu, seperti saat baru bangun tidur, istirahat siang, atau malam menjelang tidur Anda dianjurkan melakukan push-up, sit-up, dan home workout  ringan tanpa peralatan yan lainnya. Cukup beberapa menit saja.

Selamat mencoba menerapkan 7 tips gym sehat di atas ya, ingat disiplin dan sabar adalah kuncinya.

5/5 (1)

Please rate this