Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan saat Cedera Olahraga

Berolahraga menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tetap optimal. Namun, untuk menghindari kondisi cedera saat berolahraga kamu perlu melakukan pemanasan.

Salah satu cedera yang umum terjadi saat berolahraga adalah terkilir. Jika kamu mengalami kondisi ini saat berolahraga, sebaiknya jangan panik. Segera cari tahu pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat cedera olahraga. Berikut ini pertolongan pertama yang dilakukan saat cedera olahraga:

1. Rest

Saat mengalami cedera atau terkilir saat berolahraga sebaiknya segera hentikan kegiatan dan beristirahat. Kondisi ini dilakukan untuk mencegah kondisi cedera yang lebih buruk lagi. Berikan istirahat selama 24–72 jam bagian yang mengalami cedera.

2. Ice

Lakukan perawatan di rumah dengan mengompres dingin bagian yang terkilir. Kompres dingin selama 20 menit setiap harinya. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, sehingga menurunkan risiko memar.

3. Compression

Gunakan perban elastis pada bagian yang mengalami pembengkakan akibat terkilir atau cedera. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi. Namun, jangan terlalu kencang dalam penggunaan perban elastis.

4. Elevate

Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung. Hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi.

Pertolongan pertama bisa dilakukan pada cedera yang terbilang ringan. Jika kamu mengalami cedera hingga menyebabkan perdarahan, patah tulang, atau kecelakaan pada bagian kepala serta wajah, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan. Pengobatan akan dilakukan sesuai dengan kondisi cedera yang dialami.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.