Olahraga saat menstruasi

Perempuan Perlu Tahu! Ini Olahraga yang Disarankan Dilakukan Saat Menstruasi

Saat menstruasi, Anda mungkin sering merasa lemas dan tak bergairah untuk beraktivitas. Hal ini membuat tak sedikit perempuan cenderung menghabiskan waktunya untuk berbaring dan tak banyak bergerak. Tapi sebenarnya, para ahli kesehatan menyarankan perempuan untuk olahraga saat menstruasi.

Meskipun tampak seperti hal yang berlawanan dengan intuisi untuk dilakukan, tetapi olahraga saat haid dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, kram, kembung, perubahan suasana hati, kelelahan, dan mual.

Manfaat olahraga selama menstruasi

  • Membantu meningkatkan suasana hati dan mencegah terjadinya perubahan suasana hati
  • Mengatasi kelelahan dan sakit kepala 
  • Meredakan kram menstruasi dengan meningkatkan sirkulasi darah 
  • Membantu mengelola dismenore (kram dan nyeri pinggul saat haid
  • Menyeimbangkan suhu tubuh yang relatif rendah selama haid karena fluktuasi hormonal

Berolahraga selama siklus menstruasi bermanfaat bagi kesehatan fisik. Tak hanya itu, olahraga yang dilakukan saat haid juga dapat membantu mengurangi risiko kesehatan seperti serangan jantung, stroke, artritis, osteoporosis, diabetes, dan sebagainya.

Meski begitu, penting untuk memerhatikan hal-hal sebelum melakukan olahraga saat menstruasi. Misalnya, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Berikut beberapa latihan yang bisa dilakukan selama menstruasi, dilansir dari Boldsky.

Jalan cepat

Latihan yang paling direkomendasikan untuk meredakan kram saat menstruasi adalah latihan kardio intensitas rendah. Latihan ini dibutuhkan untuk menggerakkan otot dan meningkatkan detak jantung Anda. Contoh terbaik dari hal ini adalah berjalan-jalan di sekitar lingkungan setidaknya selama 30 menit. 

Jogging

Olahraga saat menstruasi yang disarankan lainnya ialah lari atau jogging. Jogging adalah cara terbaik untuk memompa darah dan meningkatkan metabolisme Anda secara instan. Tingkat energi Anda juga akan meningkat, jadi ini adalah cara efektif untuk meredakan sakit haid. Namun, pastikan Anda menahan diri agar tidak memaksakan diri dan tetap menyadari batasan Anda. Pastikan juga Anda minum banyak air sebelum berolahraga.

Yoga

Salah satu latihan yang paling serbaguna ialah yoga. Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat cocok dilakukan saat Anda menstruasi. Saat melakukan yoga, fokuslah pada peregangan yang menargetkan perut untuk meredakan kram. Latihan pernapasan dan relaksasi juga bisa menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Abdomen exercises

Anda dapat memilih untuk melakukan latihan yang berfokus pada penguatan perut. Anda bisa saja berpikir itu akan menjadi kontraproduktif, mengingat Anda mungkin mengalami kram. Tapi ini adalah cara terbaik untuk mengendurkan otot perut, yang akan meredakan kram menstruasi. Untuk melakukan latihan ini, Anda mungkin perlu didampingi seorang yang ahli. Jangan ragu untuk meminta arahan dari personal trainer di pusat kebugaran Anda ya!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.