otot sakit setelah fitnes pertama

Penyebab Otot Sakit Setelah Fitnes Pertama

Otot sakit setelah fitnes pertama? Badan terasa sulit digerakkan setelah nge-gym? Hal ini sebenarnya wajar terjadi di kalangan pemula. Nyeri otot bisa muncul 1-2 hari setelah Anda fitnes pertama kali. Rasa sakitnya mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang merasa begitu sakit hingga kesulitan beraktivitas, namun ada juga yang cepat pulih. 

Hal ini biasanya bergantung pada intensitas latihan fitnes yang Anda lakukan. Nah, agar Anda bisa lebih paham mengenai permasalahan ini, simak penjelasan mengenai penyebab otot sakit setelah fitnes pertama berikut.

Penyebab otot sakit setelah fitnes pertama

Sebenarnya, rasa sakit yang muncul setelah pertama kali melakukan aktivitas fisik (seperti fitnes) adalah hal yang lumrah. Dalam dunia medis, hal ini disebut dengan istilah DOMS atau delayed onset muscle soreness. Apa itu DOMS? Menurut penjelasan dari Indonesia Fitness Trainer Association, DOMS berarti rasa nyeri yang timbul setelah melakukan latihan yang tidak biasa dilakukan dalam intensitas tinggi. Rasa nyeri tersebut timbul akibat adanya kerusakan pada jaringan otot dan membran sel.

Meski disebut sebagai kerusakan, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Kerusakan jaringan otot yang disebutkan di sini sifatnya mikroskopik atau tidak dapat dilihat dengan mata. Di samping itu, kerusakan ini dapat sembuh sendiri dengan mekanisme penyembuhan alami yang memang ada pada tubuh manusia.

Penanganan otot sakit setelah fitnes pertama

Jika sekarang Anda ada pada kondisi otot sakit setelah fitnes pertama, apa yang harus dilakukan sebagai penanganan? Berikut adalah beberapa langkah penanganan yang bisa Anda lakukan:

  • Kompres dengan es

Penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres bagian yang terasa nyeri dengan es. Kompres es cocok untuk cedera yang baru terjadi (dalam rentang 24-48 jam). Tujuannya adalah untuk mengurangi inflamasi. 

  • Tetap bergerak

Meski tentu terasa nyeri dan sakit, Anda sebaiknya tetap menggerakkan bagian yang cedera. Jangan terlalu memanjakan bagian tubuh yang sakit karena hanya akan memperlambat proses pemulihan. Gerakkan tubuh secara perlahan-lahan untuk membiasakan diri.

  • Perbanyak konsumsi protein

Selain memberikan penanganan dari luar tubuh, Anda juga perlu melakukan penanganan dari dalam. Konsumsilah lebih banyak protein untuk mempercepat pemulihan. Protein baik untuk pemulihan otot karena dapat menjadi nutrisi untuk membangun jaringan otot yang rusak.

  • Selalu penuhi kebutuhan nutrisi

Di samping protein, Anda juga harus memastikan bahwa seluruh kebutuhan nutrisi tubuh telah terpenuhi. Dengan nutrisi yang cukup, proses pemulihan nyeri otot pun bisa lebih cepat. Anda juga sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula karena tidak baik untuk proses penyembuhan cedera.

  • Istirahat cukup

Terakhir, pastikan Anda mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Istirahat akan membantu melancarkan proses pemulihan alami tubuh. 

Mencegah otot sakit setelah fitnes

Sebenarnya, otot sakit dapat dicegah. Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan ini untuk jadwal fitnes selanjutnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah datangnya nyeri otot:

  1. Sesuaikan intensitas latihan dengan kemampuan. Bagi pemula, jangan langsung berolahraga dengan intensitas berat. Sebaliknya, secara bertahap tingkatkanlah level kesulitan latihan Anda agar tubuh terbiasa.
  2. Selalu lakukan pemanasan dan stretching sebelum fitnes. Pemanasan sangat baik untuk mengurangi risiko terjadinya cedera.
  3. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Selalu penuhi kebutuhan tubuh akan air. Anda bisa membawa botol minum untuk dibawa saat latihan.
  4. Jangan lewatkan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga. Hal ini sangat penting untuk mengurangi risiko cedera yang dapat terjadi.
  5. Berkonsultasilah dengan ahli. Cari tahu latihan seperti apa yang cocok untuk Anda. Dari situ Anda bisa menyusun jadwal latihan yang tepat dan tidak membebani tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab otot sakit setelah fitnes pertama. Dari sini, Anda bisa mengetahui bahwa ternyata nyeri otot setelah olahraga adalah hal yang lumrah. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa persiapan seperti pemanasan dan tentunya memenuhi kebutuhan nutrisi. Sebaiknya juga lakukan olahraga berintensitas tinggi bersama trainer profesional, seperti trainer yang siap membantu Anda di ReFIT. Gabung sekarang juga menjadi member ReFIT untuk hasil olahraga optimal dengan klik di sini

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.