penyebab lengan sakit setelah angkat beban

Penyebab Lengan Sakit Setelah Angkat Beban, Kenapa?

Bagi yang ingin membesarkan dan membentuk massa otot, angkat beban menjadi pilihan olahraga yang banyak dilakukan. Terlebih, fungsinya pun tidak hanya terbatas pada kedua hal tersebut, tapi juga mampu membantu menurunkan risiko osteoporosis dan menurunkan berat badan. Namun, Anda justru merasakan lengan sakit setelah angkat beban. Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya?

Terjadi rasa sakit yang dinamakan DOMS

Umumnya, lengan sakit setelah angkat beban merupakan rasa nyeri pada otot. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kemungkinan besar Anda mengalami suatu kondisi yang dinamakan delayed-onset muscle soreness (DOMS), terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukan latihan angkat beban. Namun, nyeri yang Anda rasakan biasanya baru akan muncul 24-48 jam setelah latihan.

Tak perlu khawatir, idealnya DOMS akan hilang dalam waktu 3-5 hari. Untuk membantu meredakan lengan sakit setelah angkat beban, Anda bisa mengompresnya dengan es batu atau kain bersih yang sudah direndam air dingin.

Cedera pada otot bantu kuatkan otot

Saat tubuh mengalami DOMS, sebetulnya terjadi robekan kecil pada serat otot akibat otot yang memanjang akibat latihan olahraga. Efeknya, otot pun akan terasa kaku, kehilangan kekuatan, pembengkakan, dan rasa sakit jangka pendek. Saat otot mengalami DOMS, sebaiknya beristirahatlah selama kurang lebih 24 jam sebelum berolahraga untuk melatih otot yang sama lagi. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah otot lengan.

Tergantung dari kondisi masing-masing orang

Tiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Beberapa orang mungkin jarang merasakan lengan sakit setelah angkat beban dengan intensitas berat. Namun, beberapa yang lain justru lebih mudah merasakan lengan sakit bahkan ketika intensitas latihan yang dilakukan cenderung ringan. Artinya, kondisi lengan sakit setelah angkat beban benar-benar tergantung dari kondisi masing-masing orang.

Di sisi lain, lengan sakit, nyeri otot, atau DOMS cenderung lebih rentan terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali melakukan olahraga, termasuk angkat beban. Namun, tenang saja, semakin lama Anda rutin berolahraga, tubuh pun akan lebih terbiasa sehingga risiko lengan sakit setelah angkat beban atau DOMS di bagian tubuh lain akan berkurang dengan sendirinya.

Lebih baik menggunakan jasa personal trainer

Untuk meminimalisir  kondisi DOMS setelah olahraga. Anda disarankan menggunakan jasa personal trainer di tempat gym atau latihan. Berbekal pengetahuan yang baik dan pengalaman profesional di bidang fitness, seorang personal trainer akan membantu Anda untuk latihan angkat beban secara optimal.

Tidak perlu bingung mencari, Anda bisa langsung datang ke ReFIT untuk berolahraga dengan dampingan personal trainer. Personal trainer ReFIT akan membantu Anda memaksimalkan potensi latihan melalui berbagai sesi olahraga, mulai dari sesi introduction, awakening, adaptation, dan transformation.

Lengan merasakan sakit sangat wajar terjadi, terutama jika Anda baru pertama kali melakukan olahraga tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya risiko nyeri otot seperti itu, Anda bisa memanfaatkan layanan personal trainer, seperti yang ditawarkan oleh ReFIT, penyedia layanan fitness dengan fasilitas memadai dan harga relatif terjangkau.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.