olahraga zumba untuk diet

Seberapa Efektif Olahraga Zumba untuk Diet?

Zumba adalah salah satu jenis olahraga yang memberikan latihan kardiovaskular untuk Anda olahraga zumba untuk diet. Menariknya dari olahraga ini adalah Anda akan membakar kalori dengan lebih fun dengan lagu-lagu yang hip. Gerakan tarian Latin adalah dasar dari olahraga populer ini, namun saat ini, Zumba sudah dicampur dengan berbagai jenis tarian seperti tari perut dan sedikit multi martial arts.

Karena menari Zumba membakar kalori dengan sangat cepat, olahraga ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam jumlah besar dalam satu bulan. Namun sebenarnya, berapa lama kita harus latihan untuk bisa mendapat hasil efektif?

 

Bakar kalori dalam waktu singkat, namun…

Menari dengan Zumba selama satu jam rata-rata membakar 446 hingga 532 kalori. Bila dibandingkan dengan lari yang rata-rata 300-400 kalori, Zumba memang terlihat lebih efektif. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk menghilangkan 1 kg, Anda perlu membakar 3.500 kalori. Jadi, jangan dibayangkan hanya dengan melakukan Zumba selama satu jam Anda langsung turun satu atau dua kilogram.

Rutin Zumba plus defisit kalori akan menambah efektivitas diet

Jika Anda menari Zumba selama satu jam sehari dan makan kurang dari kebutuhan kalori harian (2000 kalori), maka Anda akan bisa lebih mudah untuk mengurangi berat badan. Anda bisa kelihangan sekitar 2 kg per-minggu. Jadi, dalam sebulan Anda bisa turun 8 kilogram dengan sehat.

Zumba membantu tubuh membentuk otot

Salah satu kekurangan dari diet tanpa olahraga adalah badan yang menjadi kendur dan tubuh yang terasa lemas. Kulit Anda pun semakin mudah kering dan terlihat tidak sehat. Zumba tidak hanya membuat tubuh Anda membakar lemak dengan lebih mudah, tetapi juga untuk membentuk otot.

Dengan otot yang terbentuk, tubuh Anda akan semakin terlihat fit. Tidak hanya kurus, otot yang indah pun akan tampak di tubuh Anda. Selain itu, metabolisme Anda bisa membaik, dan tentunya Anda jadi tidak mudah sakit dan bisa terus beraktivitas dari pagi hingga malam.

Ikuti tips latihan Zumba berikut ini agar makin maksimal

Anda mungkin perlu 60 hingga 90 menit aktivitas fisik setiap hari untuk menurunkan berat badan, hal ini dikemukakan oleh American College of Sports Medicine. Meskipun menghadiri kelas Zumba harian mungkin tidak praktis karena pekerjaan Anda, Anda dapat berolahraga di rumah dengan mengikuti video Zumba yang bisa dilihat di internet. Jika Anda tidak memiliki waktu satu jam penuh, Anda dapat membagi sesi latihan Anda menjadi setidaknya 10 menit sepanjang hari dan mendapatkan manfaat yang sama dengan yang Anda dapatkan dari latihan 60 menit langsung.

Karena Anda akan menggunakan kaki Anda selama latihan, alas kaki yang tepat adalah hal yang wajib Anda miliki. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan pakaian longgar. Pastikan pakaian Anda memudahkan kulit untuk bernafas serta memungkinkan Anda bergerak dengan mudah.

 

Anda akan berkeringat selama sesi Zumba, jadi minumlah banyak air sebelum dan sesudahnya agar tetap terhidrasi. Jika Anda memiliki masalah lutut atau punggung bagian bawah, tanyakan pada instruktur tentang gerakan modifikasi yang dapat membantu Anda menghindari tekanan pada area tersebut. Tentunya, Anda tidak ingin latihan ini justru menjadi malapetaka, bukan? Selamat berlatih!

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.