olahraga kardio

Olahraga Kardio: Ketahui Hal ini Sebelum Memulainya

Olahraga tidak hanya berguna untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, tapi juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Salah satu jenis olahraga yang banyak memiliki manfaat adalah olahraga kardio. 

Kata ‘kardio’ mungkin salah satu kata pertama yang kamu dengar saat pertama kali memulai program olahraga. Anda harus tahu bahwa kardio adalah komponen penting dari latihan apapun, baik dalam menurunkan berat badan, menjadi bugar, atau menjadi lebih sehat.

Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. 

Beragam Manfaat Olahraga Kardio

Tidak hanya menyehatkan jantung, terdapat manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari olahraga kardio ini, berikut adalah manfaat yang anda harus ketahui:

  1. Membantu kamu untuk membakar lemak dan kalori untuk menurunkan berat badan.
  2. Membuat jantung kamu lebih kuat sehingga tidak harus bekerja sekeras memompa darah.
  3. Meningkatkan kapasitas paru-paru kamu.
  4. Membantu mengurangi resiko  serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.
  5. Membuat kamu merasa lebih baik, dan bahkan dapat memberikan bantuan sementara dari depresi dan kecemasan.
  6. Membantu kamu agar tidur lebih baik.
  7. Membantu mengurangi stres.
  8. Menambah kepercayaan diri kamu.
  9. Latihan kardio yang menahan beban membantu meningkatkan kepadatan tulang kamu juga.

Dan hal terbaik dari kardio adalah kamu tidak perlu berolahraga selama satu jam dengan intensitas tinggi untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan sedikit berjalan jauh. Berjalan kaki 15 menit di luar dapat meningkatkan suasana hati kamu dan membantu menurunkan tekanan darah.

Kamu jangan merasa harus punya banyak waktu dan energi untuk kardio. Melakukan sedikit setiap hari lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Dengan semua manfaat yang diberikan ini, saatnya kamu memilih latihan kardio Anda.

Memilih Latihan Kardio

Langkah pertama yang sebaiknya kamu dalam membuat program adalah untuk mengetahui jenis kegiatan apa yang ingin kamu lakukan. Kuncinya adalah memikirkan apa yang dapat kamu akses, apa yang sesuai dengan kepribadian kamu serta cocok dengan kehidupan kamu. Jika kamu suka keluar rumah, berlari, bersepeda, atau berjalan kaki, maka lakukan lah, karena itu adalah pilihan yang baik.Semua aktivitas yang kamu lakukan pasti akan berhasil, asalkan melibatkan gerakan yang membuat detak jantung menjadi baik. 

Berjalan kaki merupakan pilihan yang sangat baik, Itu adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita dapat lakukan secara teratur dan kamu tidak perlu peralatan mewah. Namun Jika kamu lebih suka pergi ke gym, maka kamu memiliki banyak akses pilihan seperti sepeda stasioner, pelatih elips, treadmill, mesin dayung, pendaki, dan banyak lagi.

Untuk berolahraga di rumah, kamu tentu saja dapat membeli treadmill atau elips trainer sendiri, tetapi ada beberapa pilihan hebat lainnya seperti:

  • Exercise videos
  • Workouts dan Online exercises
  • Aplikasi kebugaran
  • Latihan kardio di rumah: lompat tali, lompat jack, jogging di tempat, burpees, dan banyak lagi.

Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga kardio. Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot, serta mengurangi nyeri otot dan risiko cedera. Sedangkan pendinginan memungkinkan denyut jantung dan tekanan darah pulih secara bertahap, dan membantu mengatur aliran darah.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.