olahraga kardio

Olahraga Kardio: Ketahui Hal ini Sebelum Memulainya

Olahraga tidak hanya berguna untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, tapi juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Salah satu jenis olahraga yang banyak memiliki manfaat adalah olahraga kardio. 

Kata ‘kardio’ mungkin salah satu kata pertama yang kamu dengar saat pertama kali memulai program olahraga. Anda harus tahu bahwa kardio adalah komponen penting dari latihan apapun, baik dalam menurunkan berat badan, menjadi bugar, atau menjadi lebih sehat.

Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. 

Beragam Manfaat Olahraga Kardio

Tidak hanya menyehatkan jantung, terdapat manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari olahraga kardio secara rutin, berikut adalah manfaat yang anda harus ketahui:

  1. Membantu kamu untuk membakar lemak dan kalori untuk menurunkan berat badan.
  2. Memperkuat jantung dan paru-paru kamu lebih kuat sehingga tidak harus bekerja sekeras memompa darah
  3. Meningkatkan kapasitas paru-paru kamu.
  4. Membantu mengurangi resiko  serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan beberapa bentuk kanker.
  5. Membuat kamu merasa lebih baik, dan bahkan dapat memberikan bantuan sementara dari depresi dan kecemasan.
  6. Membantu kamu agar tidur lebih baik.
  7. Membantu mengurangi stres.
  8. Menambah kepercayaan diri kamu.
  9. Latihan kardio yang menahan beban membantu meningkatkan kepadatan tulang kamu juga.

Dan hal terbaik dari kardio adalah kamu tidak perlu berolahraga selama satu jam dengan intensitas tinggi untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan sedikit berjalan jauh. Berjalan kaki 15 menit di luar dapat meningkatkan suasana hati kamu dan membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan lansiran dari Alodokter, rutin melakukan kardio selama 15 menit mampu meningkatkan stimulus positif dan mengurangkan depresi sebanyak 45%

Kamu jangan merasa harus punya banyak waktu dan energi untuk kardio. Melakukan sedikit setiap hari lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Dengan semua manfaat yang diberikan ini, saatnya kamu memilih latihan kardio Anda.

Memilih Latihan Kardio

Langkah pertama yang sebaiknya kamu dalam membuat program adalah untuk mengetahui jenis kegiatan apa yang ingin kamu lakukan. Kuncinya adalah memikirkan apa yang dapat kamu akses, apa yang sesuai dengan kepribadian kamu serta cocok dengan kehidupan kamu. Jika kamu suka keluar rumah, berlari, bersepeda, atau berjalan kaki, maka lakukan lah, karena itu adalah pilihan yang baik.Semua aktivitas yang kamu lakukan pasti akan berhasil, asalkan melibatkan gerakan yang membuat detak jantung menjadi baik. 

Berjalan kaki merupakan pilihan yang sangat baik, Itu adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita dapat lakukan secara teratur dan kamu tidak perlu peralatan mewah. Namun Jika kamu lebih suka pergi ke gym, maka kamu memiliki banyak akses pilihan seperti sepeda stasioner, pelatih elips, treadmill, mesin dayung, pendaki, dan banyak lagi.

Untuk melakukan olahraga di rumah, kamu tentu saja dapat membeli treadmill atau elips trainer sendiri, tetapi ada beberapa pilihan olahraga kardio hebat lainnya seperti:

  • Exercise videos (Zumba, Bosu, RPM, etc)
  • Workouts dan Online exercises 
  • Aplikasi kebugaran
  • Latihan kardio di rumah: lompat tali, lompat jack, jogging di tempat, burpees, dan banyak lagi.

Rekomendasi Jenis Olahraga Kardio

Seperti penjelasan di atas, olahraga kardio bisa dibilang sangat efektif untuk meningkatkan stamina dan performa bila dilakukan rutin selama 30 menit. Umumnya, olahraga kardio bervariasi dengan berbagai tipe. Nah, bila kamu tertarik mencoba olahraga ini selain lari dan jalan, berikut rekomendasi yang membuat aktivitas berkeringat kamu menjadi produktif dan meledak!

  • Jumping Jacks

Olahraga ini seperti layaknya melakukan jump rope, namun tidak menggunakan tali. Gerakannya terbilang mudah yang diawali dengan berdiri tegak lalu melompat dengan membuka kaki dan tangan ke samping hingga sampai ke atas kepala. Olahraga kardio ini bagus untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan kapasitas paru-paru dan melatih irama jantung.

  • Mountain Climbing

Bila kamu ingin meningkatkan stamina sekaligus mendapatkan otot abs yang ideal, olahraga mountain climbing bisa jadi referensi paling tepat. Posisi latihannya seperti orang push-up, hanya saja tidak turun. Tubuh tetap lurus dan diikuti gerak maju lutut kiri dan kanan. Lakukan gerakan ini selama 30-60 menit niscaya menghasilkan performa maksimal dan melatih otot perut anda

  • Burpees

Gerakan ini merupakan salah satu yang membuat seluruh badan aktif. Burpees merupakan gabungan teknik squat, push-ups dan jumping jacks. Cara melakukannya lompat seperti jumping jacks terlebih dahulu, lalu turun seperti jongkok, dan kemudian, diikuti gerakan push-ups pada umumnya. Latihan ini termasuk jenis HIIT paling mutakhir!

Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga kardio. Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot, serta mengurangi nyeri otot dan risiko cedera. Sedangkan pendinginan memungkinkan denyut jantung dan tekanan darah pulih secara bertahap, dan membantu mengatur aliran darah. Bila anda tertarik untuk hidup sehat dan mendapatkan latihan kardio yang intensif, anda bisa bergabung bersama ReFIT!

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.