Olahraga Dilakukan Setelah Makan, Apa Dampaknya Bagi Tubuh?

Olahraga dan makan menjadi dua kegiatan penting yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melalui makanan yang dikonsumsi, asupan gizi dan nutrisi untuk tubuh dapat terpenuhi. Sementara olahraga, kegiatan tersebut dapat menjamin tubuh tetap sehat dan bugar. Namun, jika olahraga dilakukan setelah makan, berikut ini dampak yang akan terjadi:

1. Mual dan Muntah

Dampak olahraga setelah makan yang pertama adalah mual dan muntah. Hal tersebut disebabkan oleh goncangan ketika berolahraga memengaruhi perut, dan memicu munculnya mual.

2. Kram Perut

Dampak olahraga setelah makan selanjutnya adalah mengalami kram perut. Gejalanya muncul akibat perut yang penuh makanan dipaksa menarik ikatan sendi saat olahraga dilakukan.

3. Kenaikan Berat Badan

Dampak olahraga setelah makan selanjutnya adalah kenaikan berat badan. Alih-alih membakar lemak dengan optimal, peningkatan berat badan justru dialami oleh seseorang yang makan sebelum olahraga. Hal tersebut dikarenakan, setelah berolahraga orang cenderung akan makan lagi.

4. Usus Buntu

Dampak olahraga setelah makan yang terakhir adalah usus buntu. Gangguan kesehatan tersebut menjadi dampak yang bisa saja terjadi dalam jangka panjang. Gerakan tubuh yang dilakukan dapat membuat sistem pencernaan tidak mampu melakukan proses penyerapan nutrisi secara maksimal.

Faktanya, olahraga berbahaya jika dilakukan setelah makan. Hal tersebut terkait dengan gangguan pencernaan, karena setelah makan aliran darah mengalir menuju saluran pencernaan. Jika tetap ingin berolahraga setelah makan, maka lakukanlah minimal 1-2 jam kemudian. Sebab tubuh juga memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.