turun berat badan

Menurut Sains, Ini 3 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Ada banyak saran untuk menurunkan berat badan. Salah satu di antara saran tersebut seringkali perihal aturan pola makan yang terkadang membuat Anda merasa lapar. Ini adalah alasan utama mengapa Anda mungkin merasa sulit untuk mengikuti pola makan yang lebih sehat. Berikut tiga cara untuk menurunkan berat badan dengan pola makan sehat, menurut sains. Langkah-langkah ini juga baik untuk mengurangi nafsu makan hingga meningkatkan metabolisme. 

Kurangi karbohidrat

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara cepat ialah dengan mengurangi gula atau karbohidrat. Ini bisa dilakukan dengan mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian.

Jika Anda memilih untuk makan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi. 

Sebuah studi tahun 2020 mengkonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan.

Perlu diperhatikan pula, efek jangka panjang dari diet rendah karbohidrat masih diteliti. Ada potensi kerugian dari diet rendah karbohidrat yang dapat mengarahkan Anda ke metode lain. Diet rendah kalori juga dapat menurunkan berat badan dan lebih mudah dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Diet yang berfokus pada mengganti makanan dengan biji-bijian daripada karbohidrat olahan, dapat berdampak pada penurunan berat badan. Ini selaras dengan sebuah penelitian tahun 2019, orang yang mengonsumsi biji-bijian dengan jumlah banyak rata-rata memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah.

Menentukan cara terbaik untuk menurunkan berat badan juga bisa konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Makan protein, sayuran, dan lemak

Pastikan tiap porsi makanan Anda mencakup sumber protein, sumber lemak, sayuran, dan sebagian kecil karbohidrat kompleks seperti biji bijian.

Makan protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan. Untuk pria, jumlah konsumsi protein yang disarankan ialah sekitar 56–91 gram per hari. Sedangkan untuk wanita 46–75 gram per hari, dilansir dari Healthline.

Anda dapat mendapatkan sumber asupan protein sehat dari daging sapi, ayam, domba, telur, ikan salmon, atau udang. Ada juga sumber protein nabati seperti buncis, polong-polongan, tempe, dan tahu.

Untuk sayuran rendah karbohidrat yang bisa Anda coba ialah brokoli, kol, bayam, tomat, kubis, selada, serta timun.

Terakhir, jangan takut untuk konsumsi lemak. Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak sehat, apa pun pola makan yang Anda pilih. Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk disertakan dalam menu makan Anda.

Sedikit tips, lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa sebaiknya digunakan dalam jumlah sedang karena kandungan lemak jenuhnya yang lebih tinggi

Aktif bergerak dengan olahraga

Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat bila diimbangi dengan olahraga. Olahraga angkat beban bisa jadi cara yang sangat baik dan efektif.

Dengan angkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme Anda melambat. Di mana ini merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Cobalah pergi ke gym tiga hingga empat kali seminggu untuk mengangkat beban. Jika Anda baru mengenal gym, mintalah saran dari pelatih. Pastikan dokter Anda juga mengetahui rencana olahraga yang Anda lakukan.

Jika angkat beban bukanlah pilihan untuk Anda, melakukan beberapa latihan kardio pun sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum.

Untuk latihan angkat beban atau mengikuti latihan kardio lain, Anda bisa bergabung dan meminta arahan dari personal trainer di ReFIT Indonesia. ReFIT Indonesia menyediakan layanan bagi member atau calon member yang ingin bertanya seputar ReFIT Club. ReFIT juga sedia membantumu menemukan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan. Silahkan langsung hubungi ke nomor WhatsApp ReFIT Indonesia di 0812 8601 1622.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Comment.