Menu Diet saat Puasa untuk Turunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, penting untuk mengetahui menu diet saat puasa. Dengan begitu, berat badan yang berlebih dapat menurun ke arah ideal. Nah, berikut beberapa panduan yang bisa kamu ikuti:

1. Saat Sahur

Pastikan untuk memilih makanan yang lebih banyak kandungan protein dibandingkan karbohidrat. Menu diet saat puasa ketika sahur yang bisa kamu siapkan agar diet bisa sukses adalah:

  • Ikan panggang disertai sayur dan buah

Kamu bisa memilih ikan panggang yang disertai dengan konsumsi sayur serta buah agar diet bisa sukses. Sayur yang bisa dikonsumsi adalah brokoli rebus dengan kentang rebus tumbuk. Untuk buah-buahan, apel dapat menjadi pilihan yang tepat agar tubuh tidak mudah lapar di siang hari. Sebagai tambahan, susu bisa menjadi pelengkap.

Dengan memperbanyak asupan protein, peningkatan pada metabolisme dan tingkat energi dapat membuat kamu fokus seharian dalam beraktivitas. Jika lebih banyak asupan karbohidrat, tubuh mengalami efek kenyang yang akhirnya menjadi lemas. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi nasi dan mi.

  • Kombinasi ayam panggang dengan sayur rebus

Kamu juga bisa lho mengonsumsi ayam panggang saat sahur disertai dengan kacang panjang atau buncis yang direbus. Sebagai pelengkap, tempe atau tahu goreng bisa memenuhi protein yang dibutuhkan seharian. Selain itu, teh manis disertai semangka dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi seharian.

Pastikan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat diet. Makan tahu atau tempe secukupnya yang digoreng dengan minyak yang menyehatkan. Untuk pemilihan bagian ayam, dada dapat memberikan rasa kenyang seharian. Jika bosan dengan ayam panggang, pilihan rebus juga bisa.

Sayuran yang direbus dapat menjadi sumber serat terbaik saat menjalani diet ketika puasa. Selain direbus, kamu juga bisa mengukus sayur tersebut. Manfaatnya adalah vitamin yang ada lebih lengkap tersimpan dibandingkan ditumis. Konsumsi menu diet saat puasa ini tentu dapat membantu penurunan berat badan.

2. Buka Puasa

Saat berbuka puasa, memang sangat banyak godaan untuk makan banyak karena tubuh seharian tidak mendapatkan asupan nutrisi. Namun, penting untuk tidak mengonsumsi makanan manis terlalu banyak karena dapat membuat tubuh menjadi lemas. Pastikan untuk memilih jajanan yang dapat mendukung proses diet. Beberapa contohnya adalah:

  • Kolak.
  • Kurma.
  • Es buah.

Untuk hidangan utama saat berbuka, kamu bisa menyamakan dengan saat sahur. Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari makanan dengan kandungan santan dan gorengan.

Kamu juga dapat mengonsumsi beberapa camilan sehat saat berbuka, seperti:

  • Sumber protein: Almond, walnut, zaitun, alpukat, yogurt, telur, kacang-kacangan, dan susu.
  • Vitamin dan mineral: Kurma, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ada beberapa hal lainnya yang perlu dihindari selama berbuka puasa agar diet saat puasa tetap lancar, yaitu:

  • Jangan konsumsi minuman yang sangat dingin dan sangat panas saat berbuka puasa.
  • Hindari makanan berminyak dan gorengan saat berbuka puasa.
  • Hindari makanan dengan lemak dan kalori yang tinggi.

Itulah beberapa menu diet saat puasa yang bisa diterapkan agar penurunan berat badan dapat terjadi secara signifikan. Dengan memperhatikan asupan makanan, energi tubuh juga tetap terjaga meski seharian beraktivitas. Tentunya, tubuh dapat menjadi lebih sehat saat kebiasaan ini dilakukan selama satu bulan penuh.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment.