Massa Otot Wanita

Yuk, Intip 5 Hal Tentang Massa Otot yang Wajib Anda Ketahui!

Berat badan manusia terdiri dari dua komponen yaitu lemak tubuh dan massa tubuh tanpa lemak. Di mana tidak jarang masyarakat menggunakan istilah massa tubuh tanpa lemak disamakan dengan istilah massa otot, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Massa tubuh tanpa lemak sendiri meliputi massa otot di dalamnya, begitu juga dengan tulang dan cairan tubuh lainnya.

Jenis Otot dalam Tubuh

Sementara, massa otot itu sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu otot rangka, otot polos dan otot jantung. Di mana massa otot yang sering kita bicarakan merujuk pada otot rangka. Otot rangka adalah otot yang penting untuk melakukan gerakan, keseimbangan tubuh dan juga kekuatan. Ini adalah otot yang memiliki fungsi fisik sehingga kita sering disarankan untuk membentuk otot-otot tersebut.

Faktor Penentu Massa Otot

Namun, untuk menghitung massa otot sebenarnya sulit untuk dilakukan, karena itu tergantung kepada banyak faktor seperti tinggi badan, garis keturunan dan tingkat kebugaran. Namun, ada satu informasi yang dapat di andalkan dari the Journal of Applied Physiology. Adapun hasil dari riset yang dilakukan pada 468 laki-laki dan perempuan mengenai presentasi ukuran massa otot adalah sebagai berikut:

Ukuran Massa Otot Laki-laki

 

Persentase Massa Otot
18–3540–44
36–5536–40
56–7532–35
76–85< 31

Ukuran Massa Otot Wanita

UsiaPersentase Massa Otot
18–3531–33
36–5529–31
56–7527–30
76–85< 26

 

Cara Menghitung Massa Otot

Untuk mengetahui massa otot, Anda bisa melakukan satu cara yang tidak harus menggunakan teknologi canggih yang memerlukan biaya mahal, yaitu dengan cara menghitung persentase lemak tubuh. Anda dapat melakukannya dengan menimbang tubuh Anda di atas timbangan lemak tubuh.

Timbangan ini menggunakan impedansi bioelektrik untuk memperkirakan jumlah lemak dalam tubuh, dimana ia akan mengirimkan aliran listrik ke tubuh Anda. Karena lemak mengantarkan listrik lebih rendah dibandingkan otot, maka dari itu, akan terhitung seberapa banyak lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Jangan lupa untuk memasukkan tinggi dan berat badan, jenis kelamin, serta usia pada mesin timbangan tersebut, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Dari hasil perhitungan timbangan yang dilakukan, Anda bisa mengurangi angka tersebut dengan 100 untuk mendapatkan presentase massa tubuh tanpa lemak. Oleh karena itu, angka yang didapatkan merupakan massa tubuh tanpa lemak, dimana massa otot hanyalah salah satu bagian darinya sehingga angka yang didapatkan pun tidak akurat dan hanya perkiraan.

Alasan Massa Otot Wanita Lebih Rendah Dibanding Pria

Dari angka tersebut, dapat dilihat bahwa jumlah persentase lemak tubuh wanita lebih rendah dibandingkan pria. Hal ini disebabkan karena wanita mengalami gangguan saat datang bulan atau haid, yang berarti hormonnya  tidak seimbang. Di sinilah lemak baik dalam tubuh berperan untuk menjadi stabilitator hormon.

Selain itu, lemak baik dalam tubuh juga merupakan komponen nutrisi yang penting karena memberikan energi pada tubuh, membangun sel-sel sehat, menyerap vitamin yang larut dalam lemak demi mendorong imunitas tubuh serta menjaga kesehatan tulang, mata dan kulit.

Oleh karena itu, asumsi wanita tentang mengurangi lemak sebanyak mungkin merupakan hal yang salah. Bukan sedikit lemak pada tubuh yang membuat seorang wanita terlihat sehat, bugar dan menarik, melainkan lemak yang optimal, berada pada ukuran yang tepat. Sebab, perlu kembali diingat, lemak pada tubuh menentukan massa otot Anda.

Sesuaikan Latihan dengan Kebutuhan Pengembangan Massa Otot

Jadi, untuk membentuk tubuh yang ideal, Anda juga harus memperhatikan latihan maupun olahraga yang akan dilakukan. Pastikan Anda memilih latihan yang tepat agar dapat membentuk massa otot sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jenis latihan tertentu juga akan berpengaruh pada massa otot Anda. Misalnya, dengan latihan atau olahraga bebas (free weight) yang merupakan jenis latihan tanpa menggunakan alat bantu tertentu melainkan mengandalkan berat pada tubuh Anda sendiri yang akan memberikan hasil massa otot lebih besar dibandingkan dengan melakukan olahraga dengan peralatan khusus seperti yang ada di pusat kebugaran.

Akibatnya, Anda harus mengetahui jenis latihan dan olahraga apa yang perlu Anda lakukan untuk membentuk otot tertentu. Jika Anda ingin mendapatkan bentuk yang bagus pada lengan, maka Anda dapat melakukan latihan dengan menggunakan barbel. Namun, jika Anda ingin membentuk otot kaki atau membakar lemak di paha, Anda bisa melakukan olahraga lari atau angkat beban dengan menggunakan kaki.

Jika Anda sedang melakukan diet sehat tetapi ingin menambah atau mengurangi massa otot, Anda bisa memiliki latihan dan olahraga yang cepat. Ada banyak jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan namun memiliki manfaat yang berbeda pada otot. Contohnya adalah jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, push up dan lompat tali.

Jadi, bagi Anda para wanita, itu yang harus Anda perhatikan dalam membentuk otot tubuh Anda berdasarkan massa otot yang Anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!