manfaat yoga untuk pria

Ketahui, Ini 4 Manfaat Yoga untuk Pria

Dengan banyaknya jenis yoga untuk dicoba, dan bahkan rutinitas yoga yang dirancang khusus untuk membantu Anda memahat dan mengencangkan otot, ternyata yoga bukan merupakan olahraga pilihan utama pria. Salah satu alasannya adalah karena menganggap diri mereka tidak fleksibel, atau merasa badan terlalu lemah, jadi tidak bisa melakukan yoga. Padahal, daftar manfaat yoga untuk pria sangat banyak. Apa saja itu?

 

Melatih kesehatan dasar tubuh untuk lebih baik

Siapa pun yang mengatakan yoga tidak dapat menjadi latihan seluruh tubuh belum cukup melakukan yoga, dan bahkan rutinitas yoga yang lembut dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Menurut Journal of Alternative Medicine, pria kelebihan berat badan yang berlatih yoga dan latihan pernapasan setiap hari kehilangan rata-rata 2 kilogram hanya dalam 10 hari.

Pernapasan perut yang dalam adalah bagian utama dari yoga, dan menurut Men’s Fitness. Itu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang memaksa tubuh Anda untuk menahan lemak perut. Ditambah dengan efek positif pada tekanan darah, yoga juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung, dan penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian pada pria Amerika.

Mengurangi resiko cedera dan menguatkan otot

Dengan peningkatan kekuatan, fleksibilitas, dan stamina yang diperoleh dari latihan yoga, Anda akan dapat mengurangi resiko cedera untuk tubuh. Sebagai contoh, yoga membangun dasar tubuh untuk angkat berat secara efektif. Kate Abate, pelatih dan guru yoga bersertifikat, mengatakan kepada Men’s Fitness, “Yoga memperluas jangkauan gerak dan meningkatkan akses ke lebih banyak serat otot, memungkinkan terjadinya hipertrofi yang lebih substansial pada kelompok otot mana pun.” Hipertrofi adalah pembesaran otot.

Yoga juga mencegah cedera karena otot-otot yang diregangkan dengan baik akan pulih lebih cepat, belum lagi apa yang akan diajarkan yoga kepada Anda dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa jauh Anda dapat berolahraga.

Meningkatkan libido untuk pria

Baik peningkatan libido dan peningkatan kinerja seksual telah dikaitkan dengan latihan yoga teratur. Dalam sebuah studi 2010, yoga terbukti meningkatkan semua fungsi seksual pada pria. Teknik pernapasan dan konsentrasi yang diajarkan dalam yoga dapat membantu pria menyalurkan energi seksual mereka dengan lebih baik.

“Ini dapat meningkatkan daya tahan seksual,” kata Yogi Cameron Alborizan kepada Men’s Fitness, “Dan akan membuat Anda jauh lebih sensitif dan responsif terhadap pasangan Anda.” Ini ditambah dengan manfaat kesehatan mental yoga yang dapat melakukan keajaiban untuk meningkatkan bukan hanya kesehatan Anda, tetapi kesehatan hubungan Anda.

Mengurangi sakit punggung

Yoga dapat membawa kelegaan luar biasa bagi orang yang menderita berbagai bentuk nyeri punggung, terutama nyeri punggung bawah kronis. Bagi pria yang duduk sepanjang hari di pekerjaan kantor, yoga adalah salah satu cara terbaik untuk memerangi rasa sakit dan ketidaksejajaran punggung yang terkait dengan duduk lama.

Yoga juga akan membantu memberikan punggung, leher, dan bahu Anda hadiah terbaik dari semua: postur yang lebih baik. Anda mungkin pernah mendengar orang mengatakan yoga membuat mereka merasa lebih tinggi. Mendorong postur yang tepat akan membantu mencegah rasa sakit dan nyeri di masa depan.

Inilah aneka macam manfaat yoga untuk pria. Banyak orang tertarik pada yoga tidak hanya untuk manfaat fisik semata, tetapi untuk dampak yang terkait pada kesehatan mental. Selain meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan, yoga adalah pengobatan yang efektif untuk kegelisahan, depresi, dan insomnia.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.