Manfaat Utama dari latihan Battle Ropes

Battle rope memberikan sejumlah manfaat yang sangat baik bagi kebugaran tubuh Anda, terutama jika itu menyangkut kesehatan kardiovaskular dan pembakaran kalori atau pun lemak. Manfaat utama dari olahraga ini adalah sebagai berikut.

1. Pembakaran Lemak

Latihan kardio menggunakan battle rope cocok bagi Anda yang memiliki jadwal padat karena cukup dilakukan selama 15-20 menit saja.

Dalam rentang waktu yang singkat ini, Anda sudah bisa membakar sekitar 300-500 kalori. Dianjurkan untuk melakukan pengulangan gerakan slamming (membanting), whipping (mencambuk), dragging (menyeret), dan drumming (menabuh) minimal sebanyak 5-10 kali dalam sesi latihan dengan frekuensi 3-4 kali dalam seminggu.

2. Penguatan Otot

Tidak hanya membantu dalam pembakaran lemak saja tetapi battle rope juga berkontribusi pada penguatan otot-otot tertentu, seperti paha, bisep, dada, dan bahu.  Ini menghasilkan otot yang lebih kuat dan terdefinisi dengan baik.

3. Risiko Cedera Rendah

Manfaat lainnya, battle rope terbilang relatif aman bagi wanita karena risiko cedera yang minim dibandingkan dengan jenis latihan kardio lainnya.

Memiliki gerakan yang stabil dan tekanan pada persendian pun cenderung rendah, ini memungkinkan aliran oksigen ke jantung dan paru-paru tetap stabil tanpa risiko penyempitan pembuluh darah atau cedera otot yang signifikan.

4. Peningkatan Kekuatan Tubuh

Meskipun terlihat sederhana, latihan ini berguna juga untuk meningkatkan kekuatan tubuh, khususnya pada bagian bahu, tangan, lutut, kaki, pinggul, hingga pergelangan paha dan kaki. Anda pun bisa memanfaatkan kekuatan ini untuk banyak hal, seperti mengangkat barang yang berat dan lain-lain.

5. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Battle rope adalah alat latihan yang efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena melibatkan gerakan yang mengharuskan Anda menggunakan banyak otot tubuh secara bersamaan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, saat sedang latihan kardio, pembuluh darah akan melebar dan elastis sehingga sistem peredaran daran menjadi lebih lancar. Inilah mengapa kesehatan kardiovaskular Anda akan lebih sehat.

6 Gerakan Dasar Battle Ropes untuk Pemula

Apabila Anda tertarik untuk berolahraga atau latihan fisik menggunakan battle rope, Anda bisa memulainya dari gerakan yang paling dasar, seperti Power Slams, Double Wave, Snakes, Alternate Wave Squats, Jumping Jack, dan Side-to-side Waves.

Berikut adalah enam gerakan dasar battle rope untuk pemula yang cukup mudah untuk Anda coba.

No ratings yet.

Please rate this