manfaat senam aerobik bagi kesuburan wanita

Apa Saja Manfaat Senam Aerobik bagi Kesuburan Wanita?

Senam aerobik digemari oleh banyak orang terutama oleh kalangan wanita, dikarenakan mudah dan tidak memakan tenaga ekstra tapi ada beberapa point penting yang ingin di sampaikan tentang manfaat senam aerobik bagi kesuburan wanita.

 

Bisa membantu, selama…

Berat badan adalah faktor penting dalam kesuburan, tetapi mempertimbangkan peran senam, penelitian menunjukkan bahwa senam teratur sebenarnya dapat meningkatkan fungsi reproduksi. Sebuah studi di Obstetrics & Gynecology menyimpulkan bahwa wanita yang melakukan senam 30 menit atau lebih setiap hari memiliki risiko infertilitas yang berkurang karena gangguan ovulasi.

Di sisi lain, beberapa data mengaitkan latihan yang terlalu kuat dengan kesuburan yang lebih rendah, seperti yang ditemukan dalam studi Human Reproduksi tahun 2009 dan studi atlet elit Harvard. Dikatakan bahwa aktivitas kebugaran berperan dalam peluang wanita untuk hamil. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa, fertilitas atau kesuburan bisa ditingkatkan dengan bersenam, tetapi jangan dilakukan terlalu berat.

150 menit seminggu adalah waktu yang cukup

Penelitian di atas juga menjelaskan bahwa ada baiknya Anda melakukan senam minimal 150 menit per minggu. Hal ini adalah waktu yang pas untuk membantu kesuburan Anda. Tidak terlalu berat dan tidak terlalu sedikit. Anda pun sebaiknya melakukan berbagai macam senam. Tidak hanya itu-itu saja. Mulai dari senam pembentuk otot hingga senam pembakar lemak.

Wanita “berotot” tidak berarti tidak subur, ada anggapan bahwa semakin berotot akan semakin susah hamil. Padahal, hal ini tidak benar.

Sesuaikan dengan berat badan Anda

Bila Anda memiliki berat badan normal, pertahankan latihan Anda menjadi satu jam atau kurang dari sehari. Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur atau Anda belum hamil setelah beberapa bulan, kurangi lagi jumlah senam. Bila siklus menstruasi Anda tidak teratur pun bukan waktunya untuk berlatih untuk acara kompetitif. Jika Anda membuat peningkatan dramatis dalam tingkat latihan Anda, bahkan jika BMI atau persentase lemak tubuh tetap sama, stres dapat memiliki efek negatif pada produksi dan kesuburan hormon reproduksi.

Bila Anda memiliki berat badan di bawah normal, targetkan 2.400 hingga 3.500 kalori sehari untuk menambah berat badan yang akan membawa Anda ke kisaran BMI normal, atau lemak tubuh di atas 12 persen. Jika Anda bersenam lima hari atau lebih dalam seminggu, pertimbangkan untuk mengurangi menjadi tiga. Hal ini bisa membantu tubuh Anda untuk bisa lebih tenang dan mengurangi stres yang diterima. Tentunya hal ini bisa membuat kesuburan Anda naik.

Bila Anda memiliki berat badan berlebih kurangi kalori dan secara bertahap naikkan intensitas senam Anda untuk mencapai BMI ramah kesuburan. Minimal, Anda harus melakukan 60 menit cardio lima hari seminggu, dan latihan beban selama 30 menit tiga kali seminggu.

Konsultasikan dengan dokter bila Anda sedang dalam menggunakan obat kesuburan

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda menginjak treadmill ketika Anda dalam proses treatment kesuburan atau mengonsumsi obat kesuburan secara rutin. Senam yang intens, giat, atau berdampak tinggi dapat menyebabkan ovarium yang telah membesar akibat penggunaan obat-obatan kesuburan melemah.

Inilah manfaat senam aerobik bagi kesuburan wanita, semuanya bisa memberikan hal yang baik untuk tubuh bila dilakukan secara semestinya. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk berolahraga, tetapi jangan lupakan batasan-batasan tubuh di atas.

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.