manfaat pilates

Ketahui 6 Manfaat dari Rutin Lakukan Pilates

Pilates menjadi salah satu latihan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, pilates juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Berikut ini manfaat pilates bagi tubuh.

Dapat Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Manfaat pilates pertama adalah dapat meningkatkan keseimbangan tubuh. Hal ini disebabkan karena ketika Anda melakukan gerakan pilates maka otot perut akan dilatih. Otot perut yang dilatih kemudian akan menjadi kuat. Hal tersebut akan mampu meningkatkan keseimbangan tubuh Anda. Tidak hanya itu saja, keseimbangan tubuh yang meningkat akan membantu Anda untuk melakukan jenis olahraga yang lain. Keseimbangan tubuh yang meningkat juga akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Banyak atlet yang melakukan pilates sebelum bertanding. Hal ini dilakukan agar dapat menunjang kebugaran saat melakukan pertandingan.

Dapat Meningkatkan Energi

Manfaat pilates berikutnya yang bisa Anda rasakan adalah energi Anda akan meningkat. Latihan pilates secara rutin dapat meningkatkan energi tubuh. Hal ini disebabkan karena saat melakukan aktivitas pilates, jumlah oksigen yang ada di dalam tubuh akan meningkat. Hal tersebut yang membuat energi tubuh Anda juga akan meningkat. Jika Anda rutin melakukan latihan pilates maka energi di dalam tubuh akan meningkat secara signifikan.

Meningkatkan Kekuatan Di Bagian Otot Perut

Ketika melakukan gerakan pilates, seluruh bagian tubuh akan dilatih untuk melakukan keseimbangan dan kuat. Salah satu bagian otot yang juga dilatih adalah otot perut. Bagian otot perut akan dilatih supaya lebih kuat. Dengan begitu, kekuatan di bagian otot perut akan meningkat. Tidak hanya bagian otot perut saja yang meningkat. Bagian otot di tengah tubuh juga akan meningkat seperti bagian otot yang ada di punggung dan juga bagian otot yang ada di dasar panggul. Bagian-bagian otot yang terlatih akan memberi dampak yang baik bagi tubuh.

Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan yang dilakukan saat melakukan gerakan pilates tidak hanya dapat meningkatkan keseimbangan tubuh saja tetapi juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh. Hal ini dikarenakan seiring dengan gerakan yang dilakukan saat latihan pilates akan membuat bagian otot-otot yang ada di dalam tubuh menjadi meregang. Tidak hanya bagian otot saja yang meregang tetapi juga bagian persendian tubuh juga akan ikut meregang. Gerakan yang membuat peregangan pada otot dan persendian inilah yang membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Dengan rutin melakukan gerakan pilates maka kefleksibelan tubuh Anda akan meningkat.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pilates selanjutnya yang bisa Anda rasakan saat rutin melakukan latihan adalah berat badan menurun. Meskipun melakukan gerakan pilates tidak akan membuat kalori yang ada di dalam tubuh Anda terbakar sebanyak saat melakukan gerakan kardio, tetapi pilates tetap cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Gerakan pilates yang Anda lakukan akan meningkatkan metabolisme yang ada di dalam tubuh Anda. Metabolisme tubuh yang meningkat menjadi proses awal dari pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut yang membuat berat badan menjadi turun. Oleh karena itu jika Anda rutin melakukan latihan pilates maka Anda bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan Anda.

Memperbaiki Posisi Postur Tubuh

Manfaat pilates yang terakhir adalah dapat memperbaiki posisi postur tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa posisi postur tubuh yang buruk dapat membuat Anda mengalami berbagai gangguan tubuh seperti nyeri punggung dan nyeri bahu. Oleh karena itu Anda perlu memperbaiki postur tubuh Anda supaya tidak mengalami gangguan tersebut. Gerakan pilates yang mengajarkan garis tulang belakang untuk lurus dapat membantu dalam proses memperbaiki posisi postur tubuh. Tidak hanya itu saja, gerakan tersebut juga dapat membantu untuk menjaga lengkungan alami dari tulang belakang Anda.

Informasi di atas adalah manfaat yang bisa Anda rasakan dari latihan pilates. Anda bisa mulai rutin untuk melakukan latihan pilates agar mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai latihan pilates.

No ratings yet.

Please rate this

Mela Gunawan, Fitness Entrepreneur. Co Founder dan Chief Marketing Officer ReFIT Indonesia, Nationwide Affordable Gym. Memiliki pengalaman di bidang marketing komunikasi dan di industri Fitness sejak tahun 2012. Selain itu, Mela sangat aktif berolahraga dan bergaya hidup sehat. Visinya mendirikan ReFIT Indonesia ini yakni ingin menyehatkan seluruh masyarakat Indonesia.