Manfaat Pendinginan setelah Latihan

1. Menstabilkan pernapasan 

Detak jantung Anda akan meningkat selama olahraga. Pernapasan Anda pun akan bekerja lebih keras. Hal itu menandakan bahwa kalori dalam tubuh Anda sedang terbakar. Untuk menstabilkan pernapasan kembali, Anda bisa melakukan pendinginan. Dengan cooling down atau pendinginan, pernapasan Anda secara bertahap akan kembali ke ritme yang sama seperti sebelum memulai latihan.

2. Melindungi sendi-sendi dari cedera

Sendi-sendi dalam tubuh terdiri atas jaringan ikat dan jaringan otot. Pada saat melakukan olahraga, tidak menutup kemungkinan sendi-sendi tubuh Anda mengalami penegangan. Untuk menguranginya, Anda perlu melakukan pendinginan setelah olahraga. Pendinginan mampu mengurangi tekanan pada sendi dan membuat sendi dapat bergerak bebas.

3. Mempercepat pemulihan otot

Denyut jantung akan menurun setelah berolahraga, hal itu bertujuan agar tubuh dapat menerima aliran darah yang normal. Dengan melakukan pendinginan, otot-otot Anda akan lebih rileks sehingga dapat menerima oksigen untuk mempercepat pemulihan tubuh setelah latihan.

4. Meminimalisir risiko kram

Pada saat Anda menghilangkan asam laktat melalui pendinginan setelah berolahraga, Anda juga merilekskan otot dan membuat cairan tubuh mengalir tanpa tersangkut di jaringan tubuh. Umumnya, kram disebabkan oleh cairan yang tersangkut dan dehidrasi. Selain itu, kram juga disebabkan adanya salah gerakan saat olahraga.  Oleh karena itu, pendinginan penting untuk dilakukan setelah olahraga.

5. Menormalkan detak jantung

Ketika berolahraga, terutama olahraga kardio, seperti berlari, bersepeda, dan senam detak jantung Anda akan meningkat. Untuk menstabilkan detak jantung kembali, Anda bisa melakukan pendinginan.

No ratings yet.

Please rate this